fbpx

Frequently Asked Questions

    1. Apa itu SMARTLEGAL.id?
    2. SMARTLEGAL.id adalah sebuah platform digital yang didirikan oleh Smart Legal Network dengan tujuan membantu masyarakat awam hukum, pengusaha, dan pencari jasa hukum untuk mendapatkan akses terhadap informasi dan layanan jasa hukum dari praktisi hukum yang terbaik.

      Smart Legal Netwrok sendiri didirikan pada tanggal 1 Februari 2013 oleh praktisi dan pemerhati hukum yang memiliki kepedulian lebih mengenai pendidikan, literasi, dan pelayanan hukum yang terintegrasi dan siap menghadapi era disrupsi di Indonesia.

    3. Siapa Pengelola SMARTLEGAL.id?
    4. SMARTLEGAL.id secara legal dan profesional dikelola oleh PT Solusi Lintas Negeri.

    5. Dimana alamat kantor SMARTLEGAL.id?
      SMARTLEGAL.id beralamat pada:
      Gedung 18 Office Park Lt.10 Unit A
      Jl. TB Simatupang No.18,
      DKI Jakarta 12520

    6. Kapan waktu operasional SMARTLEGAL.id?
    7. SMARTLEGAL.id beroperasi pada hari Senin sampai Jumat, kecuali hari libur, pukul 09.00-17.00 WIB.

    8. Apa jenis konten yang disediakan oleh SMARTLEGAL.id?
    9. SMARTLEGAL.id menawarkan tiga jenis konten di bawah payung SMARTENT (Smart Content), yakni:

      1. SMARTICLE (Smart Article), jenis konten yang berisi mengenai artikel-artikel seputar dunia hukum yang terbaru dan sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan dan perkembangan zaman;
      2. SMARTVID (Smart Video), jenis konten yang berisi mengenai video-video seputar dunia hukum yang terbaru dan sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan dan perkembangan zaman; dan
      3. SMARTGRAPH (Smart Infography), jenis konten yang berisi mengenai infografis-infografis seputar dunia hukum yang terbaru dan sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan dan perkembangan zaman.
    10. Apa saja layanan yang ditawarkan oleh SMARTLEGAL.id?
    11. SMARTLEGAL.id yang didukung oleh afiliasi yang teruji dan berpengalaman secara profesional menawarkan layanan terkait: Arbitrase dan Sengketa Bisnis; Izin Kerja Ekspatriat; Ketenagakerjaan; Pembagian Gono-Gini dan Perceraian; Penanaman Modal Asing; Pendaftaran Merek; Pendirian Badan Usaha; Virtual Office; dan lain-lain.

    12. Siapa saja partner dari SMARTLEGAL.id?
    13. SMARTLEGAL.id memiliki berbagai partner yang teruji dan berpengalaman secara profesional, antara lain:

      1. BP Lawyers, Counselors at Law, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik pada tautan ini;
      2. SMART Legal Consulting, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik pada tautan ini;
      3. KantorPengacara.co, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik pada tautan ini;
      4. Elson., untuk informasi lebih lanjut silahkan klik pada tautan ini; dan
      5. Legalo, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik pada tautan ini.
    14.  Apakah saya dapat mengajukan pertanyaan, baik terkait aturan dan permasalahan hukum, atau layanan SMARTLEGAL.id?
    15. Semua pertanyaan dapat diajukan kepada SMARTLEGAL.id melalui fitur ‘Malu Bertanya Sesat di Hukum’ yang ada pada laman muka situs SMARTLEGAL.id dan di setiap halaman Layanan.

    16. Bagaimana saya menggunakan fitur ‘Malu Bertanya Sesat di Hukum’ dalam situs SMARTLEGAL.id?
    17. Pertama, Silahkan isi kolom sesuai dengan subjudul pada masing-masing kolom. Silahkan isi nama penanya pada kolom ‘Nama’, isi alamat email pada kolom ‘email’, isi nama kota/kabupaten tempat penanya bertempat tinggal (domisili) pada kolom ‘Domisili’.

      Kedua, silahkan centang sesuai dengan pilihan kebutuhan penanya pada kolom ‘kebutuhan’. Jika dirasa sudah membutuhkan jasa lawyer/ advokat/ pengacara/ konsultan hukum, maka silahkan centang ‘Butuh Lawyer’. Jika dirasa belum membutuhkan jasa lawyer/ advokat/ pengacara/ konsultan hukum karena hanya ingin berkonsultasi lebih dulu, maka silahkan centang ‘Belum Butuh Lawyer’.

      Ketiga, silahkan isi kolom ‘Pertanyaan Hukum’ dengan persoalan hukum yang ingin anda tanyakan atau diskusikan lebih lanjut. Silahkan isi pula kolom tersebut dengan segala pertanyaan yang memang ingin ditanyakan oleh penanya kepada SMARTLEGAL.id.

    18. Bagaimana saya mengetahui advokat/ pengacara/ lawyer/ konsultan hukum yang terafiliasi dengan SMARTLEGAL.id?
    19. Silahkan klik pada menu ‘TENTANG KAMI’ pada baris kanan atas laman SMARTLEGAL.id. setelah itu klik pada submenu ‘LAWYER’. Anda dapat melihat berbagai advokat/ pengacara/ lawyer/ konsultan hukum yang memiliki afiliasi dengan SMARTLEGAL.id. Tentunya semuanya adalah ahli di bidang masing-masing, memiliki integritas tinggi, dan bersikap profesional.

    20. Bagaimana saya mengetahui klien-klien yang telah menggunakan jasa SMARTLEGAL.id?
    21. Silahkan klik pada menu ‘TENTANG KAMI’ pada baris kanan atas laman SMARTLEGAL.id. setelah itu klik pada submenu ‘LAWYER’. Anda dapat melihat klien-klien yang telah menggunakan jasa SMARTLEGAL.id, termasuk jasa atas afiliasi dari SMARTLEGAL.id seperti: BP Lawyers: Counselors at Law; SMART Legal Consulting; KantorPengacara.co; Elson.; dan Legalo.

    22. Apakah saya dapat menyalin materi SMARTLEGAL.id?
    23. Konten materi dari SMARTLEGAL.id tidak boleh disalin, direkam, disiarkan, atau direproduksi lebih lanjut untuk tujuan komersial tanpa izin tertulis dari pihak SMARTLEGAL.id.

    24. Bagaimana ketentuan privasi dari SMARTLEGAL.id?
    25. Privasi Anda penting bagi kami dalam SMARTLEGAL.id. Segala informasi yang anda berikan kepada SMARTLEGAL.id tidak akan digunakan untuk kepentingan lain kecuali untuk tujuan konteks pemberian pelayanan oleh SMARTLEGAL.id kepada anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca Kebijakan Privasi yang ada pada SMARTLEGAL.id.