Terbaru: Begini Prosedur Pendirian CV di Surabaya

Smartlegal.id -
Pendirian CV Surabaya

Pengesahan pendirian CV Surabaya cukup melalui Sistem Administrasi Badan Usaha”

Kota Surabaya merupakan pusat bisnis di Jawa Timur. Memiliki fasilitas yang transportasi yang lengkap, mulai dari laut, udara, dan darat, menjadikan Surabaya sebagai pelabuhan utama dan pusat komersial bisnis di Jawa Timur. 

Saat menjalankan bisnis di Surabaya tidak sedikit pula yang menjalankan bisnisnya dengan mendirikan Persekutuan Komanditer (CV).  CV merupakan badan usaha yang dikenal dan banyak diminati masyarakat. Terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pendirian CV Surabaya yang dinilai lebih murah dan mudah menjadi alasan kenapa banyak UMKM yang mendirikan CV. 

Perlu diketahui, sebelumnya pengesahan pendirian CV dilakukan melalui Pengadilan Negeri. Setelah berlakunya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma, Dan Persekutuan Perdata (Permenkumham 17/2018) pengesahan pendirian CV dilakukan melalui Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU).

Baca juga: Bagaimana Cara Mendirikan CV? Berikut Syarat dan Prosedur Lengkapnya

Untuk mendirikan CV di Surabaya tentunya harus tahu dulu prosedur pendiriannya. Agar pendirian CV tidak mengalami kendala yang dapat mempersulit saat proses mengurus pendirian CV. Nah berikut prosedur pendirian CV yang harus diperhatikan: 

  • Memilih Nama CV dan Mengajukan Nama CV Ke Kemenkumham
    Langkah pertama untuk mendirikan CV, yaitu melakukan pemesanan nama CV. Pengajuan permohonan pemesanan nama CV dilakukan melalui SABU. Nama yang akan diberikan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu:

    1. Ditulis dengan huruf latin
    2. Belum dipakai secara sah oleh CV lain dalam SABU
    3. Tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan
    4. Tidak sama atau mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan 
    5. Tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf, atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata.

Jika nama CV telah sesuai dengan ketentuan tersebut, maka Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (DJAHU) akan memberikan persetujuan secara elektronik. Akan tetapi, jika nama CV tidak memenuhi ketentuan, maka DJAHU dapat menolak pemakaian nama secara elektronik pula. 

Jadi penting sekali bagi para pelaku usaha untuk memperhatikan terlebih dahulu nama CV yang akan digunakan. Apakah nama CV itu sudah digunakan oleh CV lain atau belum. Lakukan Penelusuran terlebih dahulu melalui konsultan hukum atau notaris. 

  • Membuat Akta Pendirian Di Hadapan Notaris

Salah satu sekutu CV, yakni sekutu aktif atau pasif silahkan menghadap ke notaris. Kemudian menyerahkan data yang sudah dipersiapkan ke Notaris karena Akta Pendirian CV akan dibuat oleh Notaris. Data yang diberikan berupa:

    1. Nama CV
    2. Tempat dan Kedudukan CV
    3. Maksud dan Tujuan CV
    4. Modal serta kepemilikan modal
    5. Struktur kepengurusan CV

Notaris tidak perlu satu wilayah di Kota Surabaya dengan CV. Asalkan memiliki Surat Keterangan (SK) Pengangkatan, disumpah, dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). 

  • Mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT)

Sama halnya dengan mengajukan permohonan nama CV, pengajuan permohonan pendaftaran pendirian CV juga melalui SABU. Pengajuan permohonan pendirian CV harus diajukan paling lama 60 hari terhitung sejak tanggal akta pendirian CV ditandatangani. Jika melewati batas waktu tersebut, maka pengajuan permohonan pendaftaran CV tidak dapat dilakukan.

Nah untuk mengajukan permohonan pendaftaran CV para pendiri harus menyiapkan dokumen pendukung berupa:

    1. Pernyataan secara elektronik dari pemohon yang menyatakan bahwa dokumen untuk pendaftaran CV telah lengkap; dan
    2. Pernyataan dari perusahaan mengenai informasi pemilik manfaat CV.

Pendiri CV wajib mengisi pernyataan secara elektronik yang menyatakan format keterangan mengenai dokumen pendukung telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Sebagai informasi tambahan, dokumen untuk pendaftaran CV tersebut akan disimpan oleh notaris yang meliputi:

    1. Minuta akta pendirian CV
      • Identitas pendiri yang terdiri dari nama pendiri, domisili dan pekerjaan;
      • Kegiatan usaha;
      • Hak dan kewajiban para pendiri
      • Jangka waktu CV
    2. Fotokopi surat keterangan mengenai alamat lengkap CV

Permohonan pendaftaran CV yang telah diterima oleh DJAHU akan diberikan tanda bukti berupa Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Menurut Pasal 1 angka 11 Permenkumham 17/2018, SKT merupakan surat tanda bukti yang diterbitkan oleh menteri atas pendaftaran CV. Pemberian SKT akan dilakukan secara elektronik oleh DJAHU.

  • Mengajukan Permohonan NPWP

Pengurusan NPWP menyesuaikan dengan domisili CV dan diurus ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mendapatkan NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak). 

  • Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

Pengurusan NIB dilakukan melalui sistem Online Single Submission (OSS). NIB dapat digunakan sebagai identitas usaha CV dan dapat digunakan untuk mengurus izin usaha dan izin operasional/komersial. 

  • Mengurus Izin Usaha dan Izin Operasional/komersial

Setelah itu, mengurus izin usaha untuk menjalankan kegiatan usaha yang dijalankan. Selain izin usaha, dalam menjalankan usaha juga memerlukan izin operasional. Penerbitan izin usaha dan izin operasional harus berdasarkan dengan pemenuhan komitmen. Pengurusan izin usaha dan izin operasional saat ini dapat dilakukan melalui Online Single Submission (OSS).

Gak punya waktu untuk melakukan pendirian CV usaha Anda di Surabaya? Biarkan kami yang mengurusnya.Kami dapat memberikan kemudahan pendirian CV Anda. Dapatkan Promo #SMARTSALE pendirian PT dan CV hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini. 

Author: Siti Faridah

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY