Ingin Mendirikan PT di Surabaya? Persiapkan 6 Hal Ini Ya!

Smartlegal.id -

BAGIKAN:

Mendirikan PT di Surabaya

“Status PT yang dapat menjadi badan hukum merupakan keunikan yang dimiliki PT dibandingkan badan usaha lain”

Ketika kita mendengar kata “Kota Pahlawan” pasti langsung tertuju pada kota Surabaya. Selain dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, Ibu Kota Provinsi Jawa Timur tersebut juga dikenal sebagai kota metropolitan di Provinsi Jawa Timur. Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi salah satu pusat perdagangan karena perkembangan perekonomian yang begitu pesat.

Oleh karena itu, tidak heran jika Anda berkunjung ke Kota Surabaya, Anda akan menemukan banyak perusahaan-perusahaan besar yang berdiri disana. Tidak sedikit pula perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Surabaya menjalankan perusahaannya dengan badan usaha Perseroan Terbatas (PT). 

Baca juga: Syarat dan Prosedur Pendirian PT

PT merupakan badan usaha yang sering dipakai oleh pengusaha. Status PT yang dapat menjadi badan hukum atau dengan kata lain dapat menjadi subyek hukum sebagaimana manusia, merupakan keunikan yang dimiliki PT dibandingkan badan usaha lain. Oleh karena itu, pendirian PT tidak boleh asal-asalan dan harus sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mendirikan PT sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan data PT
    Sebelum mendirikan PT, Anda wajib mempersiapkan data-data PT seperti:

    • Nama PT
      Nama PT minimal terdiri dari 3 kata, yang belum digunakan oleh orang lain, tidak menggunakan serapan bahasa asing, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 43 tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.
    • Tempat dan Kedudukan PT
      Tempat dan kedudukan PT atau yang dikenal dengan Alamat PT. Tempat dan kedudukan PT sendiri wajib berada di dalam kedudukan PT. Misalnya, apabila PT berkedudukan di Surabaya Barat, maka alamat PT wajib berada di Surabaya Barat. Alamat berada di wilayah tingkat kota/kabupaten. Sumber: Syarat dan Prosedur Pendirian PT.
    • Maksud dan Tujuan PT
      Maksud dan tujuan PT ini berhubungan dengan asal mula PT didirikan. Data yang disini juga harus sesuai dengan bidang usaha PT. Kita bebas menentukan bidang usaha PT kita, asalkan tidak melanggar norma yang ada.
    • Permodalan PT
      Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT), syarat berdirinya PT adalah memiliki modal sesuai dengan kesepakatan Pendiri, namun terkait hal ini masih ada klasifikasi kecil, menengah, dan besar.
    • Pengurus PT
      Pengurus PT yang dimaksud adalah Direktur dan Komisaris. Direksi adalah pihak yang menjalankan kegiatan Perseroan sehari-hari. Sedangkan Komisaris adalah pihak yang mengawasi setiap kegiatan dan memberi nasihat.
  2. Membuat Akta Pendirian PT
    Serahkan data yang sudah dipersiapkan ke Notaris karena Akta Pendirian PT akan dibuat oleh Notaris. Notaris tidak perlu satu wilayah di Surabaya dengan perusahaan, yang penting memiliki SK Pengangkatan, disumpah, dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
  3. Pengesahan oleh Menteri
    Setelah Notaris membuat Akta Pendirian PT, kemudian mengajukan pengesahan PT ke Kemenkumham. Menteri akan mengeluarkan Surat Keputusan pengesahan badan hukum PT dan PT resmi menjadi badan hukum yang diakui oleh negara dan memiliki hak dan kewajiban.
  4. Mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan
    Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau yang dikenal dengan SKDP merupakan surat keterangan domisili perusahaan berada. SKDP dapat diminta ke otoritas setempat, kelurahan tempat domisili perusahaan berada di Surabaya.
  5. Mengurus NPWP
    Pengurusan NPWP disesuaikan dengan domisili PT dan diurus ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mendapat NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak).
  6. Mengurus Izin Usaha dan Izin Operasional/ Komersial
    Setelah itu, mengurus izin usaha untuk menjalankan kegiatan usaha yang dijalankan. Selain izin usaha, dalam menjalankan usaha juga memerlukan izin operasional. Pengurusan izin usaha dan izin operasional saat ini dapat dilakukan melalui Online Single Submission (OSS). 

Baca juga: Ingat! Apartemen Tidak Dapat Dijadikan Domisili PT

Baca juga:  Ternyata Bikin PT Itu Cuma Buat yang Pengen Bisnisnya Jadi Besar

Berikut hal-hal yang harus diurus dalam mendirikan PT di Surabaya. Tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mendirikan PT. Oleh karena itu, para pengusaha harus dapat membagi fokus agar usahanya tetap berjalan dan proses pendirian PT pun tetap berlangsung. 

Kami paham dengan kesibukan Anda dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu, serahkan saja pengurusan saat mendirikan PT Anda di Surabaya, kepada kami. Kami dapat membantu Anda dengan waktu yang cepat. Segera hubungi kami Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini. 

Author: Angela Esterline Panjaitan

Butuh informasi lebih lanjut diluar dari artikel ini, silahkan hubungi kami!

BACA JUGA

PENDIRIAN BADAN USAHA

Lima-Alasan-Memilih-Bentuk-Usaha-Perseroan-Terbatas
Lima Alasan Memilih Bentuk Usaha Perseroan Terbatas
Prosedur Merger Bagi Perusahaan
Prosedur Merger Bagi Perseroan Terbatas
Empat-Masalah-yang-Dapat-Diselesaikan-Virtual-Office
Empat Masalah yang Dapat Diselesaikan Virtual Office
Perbedaan CV dan PT
Perbedaan CV dan PT | SEMENIT JADI TAU #32
Punya Bisnis Kosmetika Segera Urus Notifikasi, Kalau Tidak Mau Kena Sanksi
Punya Bisnis Kosmetika? Segera Urus Notifikasi, Kalau Tidak Mau Kena Sanksi

PENDAFTARAN MERK

david-lezcano-734547-unsplash
Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Merek dan Paten
Ingin Mendaftarkan Merek Internasional Perhatikan Hal Ini
Ingin Mendaftarkan Merek Internasional? Perhatikan Hal Ini
Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Merek Tidak Ditolak
7 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Merek Tidak Ditolak Karena Dinilai Sama Dengan Merek Terdaftar
Bagaimana-Prosedur-Pendaftaran-Merek-Di-Indonesia
Bagaimana Prosedur Pendaftaran Merek Di Indonesia?
Hak Prioritas Bagi Pendaftar Merek
Hak Prioritas Pendaftaran Merek

LEGAL STORY

oyo
Ramai OYO bikin rugi: Salah Satunya Soal Perjanjian Kerjasama Dengan Mitra
Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
Lupa ngurus ijin BPOM, Nginep 7 bulan di penjara
Lupa Ngurus Ijin BPOM, Nginep 7 Bulan di Penjara
Brand yang Aku Bangun Ketikung Rivalku
Legal Story: Brand yang Aku Bangun Ketikung Rivalku

VIDEO ARTIKEL