fbpx

Persiapan Pendirian PT PMA yang Perlu Anda Ketahui (1)

Persiapan-Pendirian-PT-PMA-yang-Perlu-Anda-Ketahui-(1)

Globalisasi ekonomi tak pelak lagi membuat ekonomi semua negara semakin terhubung. Investasi antar negara menjadi semakin lumrah. Hal yang sama juga berlaku di Indonesia. Bentuk investasi tersebut sering disebut sebagai Penanaman Modal Asing.

Penanaman Modal Asing (PMA) merupakan kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Republik Indonesia, baik dengan menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri, dan dilakukan dengan cara mendirikan badan hukum berupa Perseroan Terbatas (PT PMA).

Pada intinya, ada dua cara dalam pendirian PT PMA. Pertama, Pendirian PT PMA secara langsung. Kedua, perubahan status PT Lokal menjadi PMA, sebagai akibat dari masuknya modal asing dalam kepemilikan seluruh/sebagian modal dalam suatu PT.

Apa saja yang perlu anda lakukan dalam mendirikan PT PMA? Berikut uraiannya.

  1. Melakukan Riset
  2. Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah melakukan riset. Anda pribadi harus tahu apakah Anda butuh untuk mendirikan PT PMA. Jangan sampai salah membuat bentuk perusahaan di Indonesia, karena misalnya ternyata Anda cukup butuh mendirikan kantor perwakilan saja.

    Lalu, sangat penting bagi pihak yang akan mendirikan PT PMA, untuk mengetahui terlebih dahulu apakah kegiatan yang hendak dijalankan dapat seluruhnya dimiliki oleh asing, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal atau biasa disebut Daftar Negatif Investasi (DNI).

    DNI terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

    • Bidang Usaha yang Tertutup. Terdapat 20 bidang usaha tertutup, yang di antaranya ialah budidaya ganja, penangkapan spesies ikan terlarang, perjudian, bahan peledak, dan pemanfaatan koral untuk bahan bangunan atau hiasan aquarium.
    • Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan. Pada bagian ini menjelaskan bahwa asing dapat memiliki saham dalam suatu usaha, dengan ketentuan harus bekerjasama dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi, melakukan kemitraan dengan pihak lokal (perusahaan dan/atau individual), dan berlaku di lokasi tertentu serta diharuskan memiliki perizinan khusus.
    • Bidang Usaha Yang Terbuka. Tidak adanya pembatasan khusus bagi asing.
  3. Mempersiapkan Persyaratan
  4. Beberapa persyaratan yang harus anda persiapkan dalam mendirikan PT PMA, antara lain:

    Beberapa rincian data yang harus dipersiapkan dalam mendirikan PT PMA antara lain: Nama PT PMA; Tempat dan Kedudukan PT PMA; Maksud dan Tujuan PT PMA; Struktur Permodalan PT PMA; dan Pengurus PT PMA.

    Nama PT PMA minimal terdiri dari tiga suku kata. Nama PT PMA tidak boleh menggunakan kata serapan bahasa asing. Nama PT juga tidak boleh menggunakan nama PT PMA yang sudah digunakan oleh PT lain. Nama PT PMA harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

    Tempat dan Kedudukan PT PMA adalah alamat kedudukan hukum PT PMA. Alamat berada di wilayah tingkat kota/kabupaten. Alamat dapat dirincikan, namun tetap harus mengandung nama kota/kabupaten PT PMA berkedudukan.

    Maksud dan Tujuan PT PMA mengatur mengenai tujuan daripada PT PMA tersebut didirikan. Data ini juga harus diisi dengan bidang usaha PT PMA yang bersangkutan. Usahakan untuk menyusun tujuan selaras dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) agar mudah pada proses-proses selanjutnya. Mengenai KBLI ini, Anda dapat melihat pada Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017.

    Struktur Permodalan PT PMA pada masa sekarang sudah cukup mudah, yakni tergantung kesepakatan para pendiri PT PMA. Total Nilai Investasi untuk satu bidang usaha dipersyaratkan harus lebih besar dari Rp 10 milyar, sedangkan Modal Ditempatkan dan Modal Disetor PT PMA, sekurang-kurangnya sebesar 25% dari Total Nilai Investasi atau sejumlah Rp 2,5 milyar.

    Pengurus PT PMA adalah Direktur dan Dewan Komisaris. Direktur pada pokoknya adalah pihak yang menjalankan roda sehari-hari perusahaan. Sementara Dewan Komisaris adalah yang melakukan pengawasan atas pekerjaan perusahaan.

Berlanjut ke artikel selanjutnya.

Segera dirikan PT PMA-mu! Masih bingung? Atau tidak punya waktu untuk mengurusnya? Kami dapat membantu anda. Silahkan hubungi Hotline kami di: 0822-1000-9872 atau email info@prolegal.id.

Author: TC-Thareq Akmal Hibatullah

Bergabung untuk dapatkan konten terbaru lainnya:

Facebook Page

Smartlegal.id

Telegram Channel

Smartlegal.id