fbpx

Jasa Pembuatan PT di Depok | Berikut Syarat serta Prosedurnya

Jasa Pembuatan PT di Depok | Berikut Syarat serta Prosedurnya

Prosedur pengurusan PT cukup rumit sehingga jasa pembuatan PT sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Perseroan terbatas atau PT adalah salah satu badan usaha yang memiliki modal dari berbagai saham-saham. Umumnya, pemilik dari badan usaha ini memiliki sebagian besar dari saham dan saham lainnya berasal dari investor. Karena terdiri dari saham, kepemilikan bisa berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Karena PT dimiliki oleh banyak orang meski dengan persentase saham yang berbeda-beda, setiap tahunnya akan ada pembagian laba atau sering disebut dengan dividen. Selain masalah bagi hasil dan saham, PT juga disokong oleh obligasi.

Nah, kalau Anda berniat untuk membuat PT sendiri dari usaha yang sedang dijalankan jalannya ada dua. Pertama mempelajari seluk-beluk PT dengan baik agar tidak salah jalan. Selanjutnya segera melakukan pengurusan PT baik sendiri atau dengan jasa pembuatan PT di Depok atau kota lain kalau Anda berada jauh dari ibu kota.

 

Keuntungan Mendirikan PT

Mendirikan Perseroan Terbatas atau PT memiliki banyak manfaat. Secara umum manfaat dari mendirikan PT terdiri dari:

  1. Kepemilikan Bisa Dialihkan dengan Mudah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya PT terdiri dari beberapa pemilik saham yang berbeda. Pemilik saham ini akan memberikan modal sehingga perusahaan atau perseroan bisa menjalankan kegiatannya baik dalam bisa jasa atau menghasilkan produk. Masing-masing pemilik saham bisa memiliki kedudukan di dalam atau hanya menerima dividen di setiap akhir tahun.

Nah, karena perusahaan jenis PT ini terdiri dari beberapa pemilik modal, kalau Anda sudah tidak menginginkannya bisa menjual saham ke orang lain. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan nama pemilik saham ke orang lain misal ke keluarga, anak, atau orang-orang Anda percaya bisa mengelola perusahaan dengan baik.

 

2.Tidak Mengganggu Harta Pribadi

Kalau Anda membangun perusahaan dengan modal sendiri dan tidak ada bantuan dari orang lain, kalau terjadi kerugian, harga pribadi akan ikut digunakan. Harga yang seharunya miliki sendiri itu harus menutup kerugian sehingga perusahaan bisa berjalan lagi seperti semula.

Kalau Anda menjalankan perusahaan dengan PT, hal ini tidak akan terjadi. Pasalnya semau modal yang digunakan saat menjalankan perusahaan berasal dari investor. Kalau terjadi masalah di dalam perusahaan, semua pihak akan menanggungnya. Itulah kenapa pemilik modal kadang memberikan arahan atau rekomendasi agar PT bisa berjalan dan selalu mendulang kentungan.

 

  1. Mudahnya Mendapatkan Modal yang Besar

Salah satu alasan terbesar dari pendirian PT adalah mendapatkan pemilik modal yang mau menanamkan uangnya. Karena sudah berstatus PT dan resmi diakui oleh pemerintah, pemilik modal tidak akan ragu untuk memberikan dananya dalam jumlah banyak lalu mendapatkan saham sesuai dengan porsinya.

Ke depannya kalau perusahaan ingin melebarkan sayapnya menjadi lebih besar lagi, pencarian modal lanjutan akan berjalan lagi dengan mudah. Dana segar untuk perusahaan akan masuk sehingga berbagai program yang akan dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

 

  1. Memiliki Nama Perusahaan yang Jelas

Meski terkadang merek dagang dan merek PT untuk dokumen resmi tidak sama, perusahaan sudah diakui oleh pemerintah. Bahan usaha sudah resmi dan memiliki kekuatan hukum. Dengan nama yang jelas ini berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan benar dan tidak akan terganjal lagi dengan masalah perizinan.

Sebelum memiliki sebuah PT, perusahaan akan memiliki batasan saat menjalankan sesuatu. Selain itu, ada kemungkinan perusahaan dicurigai karena tidak terdaftar dan melakukan berbagai jenis usaha yang besar.

 

  1. Kelangsungan Perusahaan Terjamin

Karena berbentuk PT kelangsungan perusahaan dalam menjalankan usahanya akan berjalan dengan lancar dan terjamin. Berbagai keputusan strategis tentu harus melalui diskusi dengan pemilik modal. Semua orang yang bekerja di dalamnya juga bisa diputar dan dipindah sesuai dengan porsi dan juga kemampuannya.

Pengawasan terhadap perusahaan khususnya masalah keuangan juga akan berjalan dengan lancar. Dampaknya, Anda dan para pemilik modal tidak akan kecolongan dan mengalami kerugian yang cukup besar.

 

  1. Bisa Melakukan Bisnis dengan Jangkauan Luas

Saat masih berbentuk Firma atau CV, perusahaan akan memiliki beberapa batasan usaha. Beberapa jenis usaha melarang memiliki Firma atau CV untuk melakukannya. Barulah kalau sudah berbentuk PT bisa dilakukan dan jangkauannya cukup luas. Usaha kreatif yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar di masa depan.

Beberapa jenis usaha yang diizinkan beroperasi saat sudah berbentuk PT adalah usaha dari sektor transportasi atau perhubungan. Selanjutnya usaha dari sektor pariwisata seperti biro perjalanan. Selanjutnya sektor konstruksi besar dan komunikasi.

 

  1. Proses Pendirian yang Mudah

Salah satu alasan mengapa banyak orang tidak mau mendirikan PT dan memiliki perusahaan resmi adalah prosesnya yang katanya lama dan berbelit-belit. Padahal saat ini pengurusan dari PT tidak sesulit seperti dulu. Saat ini prosesnya bisa berjalan dengan cepat.

Kalau Anda tidak mau repot mengurus banyak hal karena terlalu sibuk melakukan hal lain, sewalah jasa pembuatan PT. Saat ini jasa pembuatan PT di Depok dan daerah lain yang ada di Indonesia sudah banyak menawarkan kemudahan. Anda hanya cukup menyiapkan berkas yang dibutuhkan dan prosesnya akan berjalan dengan cepat atau sekitar 25-30 hari saja. Anda dapat menghubungi Prolegal Indonesia untuk kemudahan untuk mendirikan badan usaha Anda.

 

Kekurangan dari Mendirikan PT

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau pendirian dari setiap perusahaan khususnya PT juga memiliki sedikit kekurangan. Dengan memperhatikan kekurangan ini, Anda bisa bersiap-siap mencari solusi kalau masalah muncul di kemudian hari. Inilah beberapa kekurangan mendirikan PT.

  1. Semua Pemilik Saham Juga Terkena Pajak

Karena perusahaan bukan milik perorangan saja, segala jenis pajak yang dibebankan pada perusahaan akan menimpa semua pemilik modal. Misal pajak yang harus dibayar beberapa ratus juga, jumlah ini akan ditanggung bersama oleh pemilik modal dengan persentase yang mereka miliki. Biasanya pajak akan dipotong langsung dari laba yang diberikan.

Masalah perpajakan ini kadang menjadi masalah bagi beberapa pemilik modal. Karena pajak yang ditanggungkan terlalu besar, mereka akhirnya melakukan protes. Padahal pajak ini memang kewajiban yang harus dibayarkan seperti halnya dengan bunga yang menjadi haknya.

 

  1. Membutuhkan Proses yang Panjang

Mengurus pembentukan PT tidak mudah dan prosesnya cukup panjang. Beberapa pemilik perusahaan yang terlalu sibuk mungkin akan susah untuk melakukannya sendirian saja. Oleh karena itu mereka membutuhkan lembaga yang bisa mengurusnya. Carilah jasa pembuatan PT di Depok atau kota tempat Anda tinggal agar pengurusan bisa berjalan dengan cepat.

 

  1. Biaya Pengurusan Cukup Tinggi

Biaya untuk mengurus PT memang tidak sedikit karena melibatkan banyak instansi dan prosesnya tidak sedikit. Meski demikian, biaya yang cukup mahal ini sebandung dengan apa yang akan didapatkan. Setelah menjadi PT, perusahaan bisa menjalankan segala aktivitas dengan baik dan menghasilkan keuntungan.

Sementara Anda bisa menggunakan uang pribadi terlebih dahulu. Selanjutnya saat perusahaan sudah berstatus PT dan memiliki modal, biaya itu bisa dimasukkan ke sana sehingga Anda mendapatkan uang ganti atau ditambahkan ke saham yang Anda miliki.

 

  1. Semua Hal Harus Dilakukan Secara Terbuka

Beberapa perusahaan tentu memiliki rahasia dalam hal pengelolaan keuangan atau mungkin dalam hal penciptaan produk. Kalau memiliki PT memiliki saham terbesar dan absolut, mungkin masalah rahasia tidak akan jadi masalah. Seluruh keputusan sudah ada pada dirinya dan tim yang ada di belakangnya.

Kalau pemilik hanya memiliki saham dengan jumlah tidak mutlak misal kurang dari separuh. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan perusahaan harus melalui rapat dengan pemilik modal. Kalau ada rahasia yang penting dan tidak bisa dibagikan kepada khalayak akan susah untuk membendungnya. Karena setiap hal yang melenceng dari kesepakatan awal harus ada tanggung jawabnya.

 

Syarat Mendirikan PT

Syarat mendirikan PT ada banyak dan cukup rumit. Simak beberapa hal yang harus dipersiapkan agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Berdasarkan UU No. 40/2007 syarat pendirian PT terdiri dari:

  • Pendiri terdiri dari minimal 2 orang atau lebih.
  • Nama perusahaan jelas.
  • Daftar nama susunan pemegang saham (pendiri juga memiliki saham dalam jumlah cukup besar atau mayoritas)
  • Akta pendirian harus sudah disahkan oleh Kemenkumham.
  • Menetapkan nilai modal dasar dan modal disetor sebesar 25% boleh dalam bentuk uang atau barang yang sudah ditaksir harganya.
  • Menyeratakan klasifikasi perusahaan. PT kecil modal setor sekitar Rp50 juta, menengah Rp500 juta, dan besar Rp10 miliar.
  • Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan dan patuh dengan hukum Indonesia.
  • Akta Notaris berbahasa Indonesia.

 

Tahap Pendirian PT

Setelah persyaratan utama di atas dipenuhi, ada tahapan yang harus dilakukan agar pengurusan PT berjalan dengan lancar.

  1. Pengecekan Nama Perusahaan

Nama dari perusahaan harus jelas dan tidak memiliki stigma negatif. Nama ini akan diajukan ke notaris untuk dicek. Kalau namanya kurang sesuai bisa diadakan revisi atau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Selain itu, kalau nama sudah digunakan oleh perusahaan lain tidak bisa digunakan lagi. Setelah nama disetujui barulah akan dibuat draf akta.

 

  1. Pembuatan Draf Akta

Setelah nama dari perusahaan disetujui oleh Anda dan juga para pemegang saham atau modal, notaris akan membuar rancangan draf akta perusahaan. Setelah draf jadi Anda akan dikirim untuk diperiksa dan direvisi kalau ada yang kurang atau mungkin berlebihan. Selanjutnya pihak pemegang saham juga harus membaca dan mengatakan setuju atau ada revisi.

Setelah tahap revisi berjalan dengan baik, draf akta akan dicetak sesuai dengan kebutuhan untuk ditandatangani.

 

  1. Penandatanganan Dokumen

Setelah akta jadi, penandatanganan dilakukan oleh Anda sebagai pendiri dan penyumbang modal awal dan siapa saja yang menyumbangkan modal atau memiliki saham. Semua orang harus melakukan tanda tangan sebagai tanda persetujuan. Pengurus perusahaan lain yang tidak memiliki saham tidak perlu ikut ambil bagian pada proses ini.

 

  1. Pengesahan Dokumen di Kemenkumham

Setelah semua orang yang memegang saham melakukan penandatanganan, langkah selanjutnya adalah pengesahan di Kemenkumham. Pengesahan ini akan menghasilkan SK Kemenkumham. SK ini digunakan untuk berbagai kepengurusan di masa depan. SK berlaku selamanya, tapi kepengurusan perusahaan hanya berlangsung 5 tahun. Setiap jatuh tanggal kedaluwarsa, SK bisa digunakan untuk perbaruan dengan atau tanda perubahan.

 

  1. Pengajuan dan Pengurusan SKDP dan Perpanjangannya

Bersamaan dengan keluarnya SK Kemenkumham kepengurusan Surat Keterangan Domisili Perusahaan Sementara harus dilakukan. Surat ini bermanfaat untuk mengurus NPWP dari perusahaan. Masa berlaku dari surat ini sekitar 1 bulan sehingga NPWP harus segera diurus.

Setelah kepengurusan pajak sudah selesai dilakukan. SKDP akan diperpanjang. Perpanjangan ini dilakukan untuk keterangan perusahaan secara permanen. Ke depannya kalau alamat perusahaan berganti, pemilik harus mengurus kembali SKDP agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

 

  1. Pengajuan dan Pengurusan NPWP Perusahaan

Setelah memiliki SKDP sementara, pemilik perusahaan bisa mengajukan NPWP sebagai salah satu bagian dari taat pajak sesai dengan aturan di Indonesia. Setelah NPWP yang dimiliki perusahaan berlaku seumur hidup kecuali ada perubahan.

 

  1. Pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan

Setelah semuanya jadi, tahap selanjutnya adalah pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Pengurusan ini dilakukan untuk melegalkan jenis usaha perdagangan yang dilakukan oleh perusahaan. Bidang usaha yang ada pada SIUP bisa dijalankan asalkan sama dengan bidang usaha yang ada di Akta Perusahaan. Kalau bisnis tidak sesuai berari perusahaan sedang melakukan pelanggaran.

 

  1. Pengajuan Tanda Daftar Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan atau TDP adalah tahap akhir pengurusan PT. Biasanya pengurusan ini dilakukan untuk melegalkan berbagai bentuk kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan. Surat ini merupakan tanda kalau perusahaan sudah resmi dan memiliki perlindungan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Biasanya TDP ini diurus berbarengan dengan SIUP dari perusahaan.

 

Cara Memilih Jasa Pembuatan PT

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan kalau ingin memilih jasa pembuatan PT yang baik dan pengurusan berjalan sesuai dengan rencana.

  1. Pilih yang Sudah Berpengalaman

Pilih yang sudah berpengalaman melayani banyak perusahaan dalam mendirikan PT. Di luaran sana ada banyak sekali lembaga menawarkan pengurusan PT, tapi tidak semuanya melakukan tugasnya dengan baik. Anda harus mengetahui track record dari perusahaan terlebih dahulu sebelum memutuskan.

Oh ya, kalau Anda memiliki rekan yang sudah mendirikan PT terlebih dahulu, ada baiknya untuk meminta rekomendasi. Dengan meminta rekomendasi, Anda bisa tahu mana saja lembaga yang memang benar-benar bisa diandalkan untuk melakukan pengurusan PT dari awal hingga akhirnya jadi tepat waktu. Anda juga dapat menghubungi Prolegal ID.

 

  1. Ada Portofolio yang Jelas

Kalau Anda mendapatkan beberapa rekomendasi lembaga yang melayani jasa pengurusan PT ada baiknya untuk melakukan riset dan mengetahui portofolionya. Anda bisa meminta langsung dari pemilik jasa pembuatan PT sehingga pembandingan bisa dilakukan dengan lebih jelas.

Terkadang apa yang direkomendasikan orang lain bisa tidak sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pastikan lagi dengan melihat portofolio yang mereka miliki baru memutuskan apakah lanjut atau tidak.

 

  1. Melakukan Semuanya Sesuai Prosedur

Pilih jasa pembuatan PT yang melakukan semuanya sesuai dengan prosedur. Maksudnya dari sesuai prosedur adalah mereka tidak melakukan kecurangan atau bekerja sama dengan pihak tertentu untuk meloloskan dokumen dengan cepat. Kalau memang ada kekurangan lebih baik bilang agar bisa berjalan dengan lancar

 

  1. Lihat Paket Pengurusan

Lihat paket pengurusan yang mereka tawarkan dengan baik. Ketahui aneka layanan yang akan didapatkan kalau menggunakannya. Anda bisa membandingkan harga paket dengan paket lain yang sejenis. Kalau ada yang lebih murah dengan paket yang sama lebih baik memilih yang lebih murah.

Oh ya, kalau ada paket yang lebih murah, atapi detail layanan dan tidak jelas, lebih baik hindari. Mungkin jasa yang diberikan murah, tapi kemungkinan terjadi masalah di kemudian hari cukup besar sehingga bisa merugikan Anda dan perusahaan.

 

  1. Ada Jaminan Validasi Dokumen

Lanjutan dari poin nomor tiga. Kalau penyedia jasa mau menjamin kalau prosesnya berjalan sesuai prosedur, mereka harus mau melakukan validasi dokumen. Kalau di kemudian hari ada masalah, mereka harus mau mengurusnya kembali tanpa ada tambahan biaya.

 

Lamanya Mengurus PT

Lama mengurus PT biasanya sekitar 30-40 hari. Lama dari pengurusan ini bisa terjadi karena ada banyak dokumen yang harus diurus dengan baik. Kalau Anda ingin mengurusnya sendiri mungkin akan sedikit merepotkan karena tidak mungkin selesai dalam satu minggu.

Mengingat waktu pengurusannya cukup menguras waktu. Anda disarankan untuk menggunakan jasa pembuatan PT di Depok atau daerah lain yang ada di dekat Anda. Dengan menggunakan jasa mereka, Anda hanya perlu membayar sejumlah biaya yang dibutuhkan dan menunggu hingga jadi sesuai dengan paket yang ditawarkan.

 

Biaya Mengurus PT

Salah satu topik yang paling sensitif dari pengurusan PT yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang adalah biaya untuk pengurusannya. Mengurus PT memang cukup lama dan melelahkan. Kalau mengurus sendiri mungkin tidak akan berjalan dengan cepat dan Anda bisa membuang-buang waktu.

Secara umum biaya untuk pengurusan PT berkisar pada angka Rp5-10 juta atau bisa lebih. Kalau aneka surat atau perizinan yang Anda miliki sudah ada semuanya mungkin akan jauh lebih murah. Berikut beberapa kriteria pengurusan PT menentukan harga jasanya.

 

  1. Waktu Pengurusan

Waktu pengurusan dari PT juga memengaruhi besar biaya dari jasa pembuatan PT. Umunya waktu untuk pengurusan PT berlangsung selama 30-40 hari tergantung banyak tidaknya hari libur dan lengkap tidaknya dokumen. Kalau Anda menginginkan pengurusan berjalan dengan cepat, biasanya akan ada tambahan biaya sekitar 20-25%.

Nah, karena izin untuk pengurusan ini sudah cukup mahal, Anda disarankan untuk mengurusnya jauh-jauh hari. Dengan begitu Anda tidak akan tergesa-gesa dan mendapatkan harga jasa yang jauh lebih murah.

 

  1. Jenis SIUP yang Dipilih

Jenis perusahaan dalam pendirian PT ada banyak. Biasanya besarnya modal yang dimiliki akan menentukan apakah SIUP digunakan untuk perusahaan kecil, sedang, atau besar. Untuk perizinan perusahaan kecil dan juga sedang biasanya memiliki harga jasa yang sama. Sementara itu untuk jenis perusahaan besar akan ada tambahan biaya lainnya.

Besar perbedaan harga jasa pengurusannya sekitar 20-30 persen. Jadi, siapkan dana lebih kalu perusahaan atau PT yang akan Anda dirikan tergolong besar, memiliki modal melimpah, dan kemungkinan memiliki lokasi strategis dan pegawai yang jumlahnya ratusan atau ribuan.

 

  1. Lengkap Tidaknya Dokumen

Pengurusan PT membutuhkan banyak sekali dokumen dari beberapa lembaga yang berbeda. Kalau Anda sudah mencicil untuk mengurus beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan, mungkin biaya yang dibutuhkan akan lebih rendah dari harga yang ditetapkan.

Kalau Anda hanya memiliki dokumen mentah saja dan tidak ada perizinan lain yang membuat pengurusan lebih mudah, kemungkinan harga jadi mahal akan tinggi. Hal bisa terjadi karena jasa pembuatan PT harus mengurus ke banyak tempat dan waktu yang dibutuhkan juga relatif lebih lama.

Demikianlah sedikit ulasan tentang jasa pembuatan PT di Depok dan daerah lain di Indonesia. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mendirikan badan usaha seperti pendirian PT Anda dapat menghubungi Prolegal di pli@smartlegal.id atau di +6221-8067-4920

Bergabung untuk dapatkan konten terbaru lainnya:

Facebook Page

Smartlegal.id

Telegram Channel

Smartlegal.id

Share
Tweet
+1
Share