fbpx

Jasa Pendirian PT PMA Indonesia

Anda berniat untuk membuka investasi bagi investor asing? Pahami dulu konsep PT PMA berikut ini.

Modal memegang peran krusial dalam pembangunan suatu negara. Dengan modal, negara bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan ekonomi. Itu sebabnya, sebuah negara perlu menghadirkan penanam modal asing untuk menunjang industrialisasi dan penyerapan tenaga kerja secara maksimal.

Saat ini, pengembangan modal asing sudah dikemas dalam PT PMA (Penanaman Modal Asing). Aturan mengenai PMA telah disahkan oleh undang-undang, dari mulai batasan investasi sampai dengan tujuannya.

 

Apa Itu PT PMA?

PT PMA merupakan perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang membuka saham untuk orang asing dan Warga Negara Indonesia (WNI). Artinya, pemegang saham di PT PMA—sebagian atau seluruhnya—berasal dari pihak asing. Mengenai persyaratannya, diatur secara tertulis dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal atau UUPM.

Jika merujuk Pasal 5 Ayat 2 di UUPM, perusahaan PMA wajib berkedudukan di Negara Indonesia. Begitu pula dengan pembentukan PT, harus berdasarkan prosedur hukum di Nusantara. Di samping itu, pembentukan PMA dapat dilaksanakan dengan mengambil saham ketika mendirikan PT serta membeli saham sesuai aturan undang-undang.

 

Model PMA

Penerimaan modal asing dapat dilakukan melalui beberapa model. Sebagai acuan, berikut ini ada empat model yang bisa Anda terapkan.

  • Penanaman Modal Asing Tanpa Pasar Modal

Saham biasanya diedarkan dan dibeli melalui pasar modal. Namun, dalam model ini, saham dibeli secara langsung di perusahaan nasional. Perantarannya bisa lewat Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau departemen lain yang terkait jual beli saham asing.

  • Penanaman Modal Asing Lewat Capital Market

Capital market atau pasar modal merupakan tempat bertemunya para pihak yang membutuhkan instrumen investasi jangka panjang, semisal efek. Salah satu bentuk efek adalah saham dari PT PMA.

Saham PT PMA diedarkan melalui bursa saham perusahaan nasional. Kemudian, pihak asing yang ingin membeli saham tersebut harus melewati pasar modal. Itulah bentuk penanaman modal asing secara tidak langsung.

  • PMA Melalui Pemberian Kredit

Anda pernah mendapatkan kredit dari bank? Prosedur PMA lewat pemberian pinjaman, kurang lebihnya sama dengan kredit bank. Bedanya, pemberi kredit PMA adalah pihak asing. Bentuknya beragam, seperti offshore loan, notes, bonds, dan commercial paper.

  • PMA Kontraktual

PMA kontraktual melibatkan investor asing dan perusahaan nasional secara langsung. Keduanya terikat kontrak atau perjanjian tertulis. Bentuk investasi tersebut bisa berupa bantuan teknik, agency, dan lisensi.

 

Fasilitas yang Diterima PMA dari Pemerintah

Sebagai wujud apresiasi kepada PMA, pemerintah memberikan sejumlah fasilitas. Semua fasilitas tersebut diterangkan dalam Pasal 18 Ayat 4 UUPM dan Paket Kebijakan Ekonomi XVI, berikut daftarnya.

  • Mengurangi penghasilan netto dalam Pajak Penghasilan (PPh) badan hingga level, jumlah penanaman modal, dan waktu tertentu.
  • Meringankan atau membebaskan bea masuk impor barang berupa mesin, peralatan, atau modal yang digunakan untuk kebutuhan produksi. Dengan catatan, produksi barang tersebut belum bisa dilakukan di dalam negeri.
  • Meringankan atau membebaskan bea masuk bahan penolong dan bahan baku produksi dalam jangka waktu tertentu dengan persyaratan yang berlaku.
  • Menangguhkan atau membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) impor barang mesin, modal, atau peralatan untuk proses produksi yang produksinya tidak bisa dilakukan di dalam negeri.
  • Mempercepat amortisasi atau penyusutan.
  • Memberikan keringanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), terutama pada segmen usaha tertentu yang terletak di suatu wilayah atau kawasan khusus.

Itulah pembahasan seputar PT PMA yang harus Anda ketahui. PT PMA merupakan salah satu ujung tombak pertumbuhan ekonomi negara. Sudah saatnya perusahaan nasional bertransformasi sebagai PMA.

 

Bagaimana smartlegal.id dapat membantu Anda?

Smart Legal Indonesia merupakan corporate legal law firm yang dapat Anda andalkan. Kami berpengalaman dalam membantu perusahaan lokal maupun perusahaan multinasional yang menangani permasalahan legal perusahaan, termasuk mempersiapkan resolusi dan rapat umum pemegang saham untuk klien, berhubungan dengan BKPM terkait dengan investasi Klien dan lisensi bisnis, dan bertindak dalam kapasitas penasihat untuk Klien.

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan solusi legal untuk tujuan bisnis Anda, dan masih mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku.

 

E: info.slc@smartlegal.id

H: +62821-1234-1235