KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) TERBARU

DOWNLOAD KBLI TERBARU 2020

 

kbli terbaru

PANDUAN LENGKAP KBLI TERBARU 2020

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) adalah kode klasifikasi resmi untuk mengklasifikasikan jenis bidang usaha perusahaan di Indonesia. Perusahaan yang ingin mendaftarkan bidang usahanya di Akta ataupun di NIB harus memasukkan kode yang sesuai dengan klasifikasi di KBLI. KBLI disusun BPS (Badan Pusat Statistik) dengan merujuk pada International Standard Classification of All Economic Activities (ISIC), ASEAN Common Industrial Classification (ACIC), dan East Asia Manufacturing Statistics (EAMS)*.

*Sumber: www. bulelengkab.go.id.

APA FUNGSI KBLI?

KBLI merupakan klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha/bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang/jasa.  Penyempurnaan KBLI oleh BPS menyebabkan adanya penambahan klasifikasi kegiatan usaha.


Bertambahnya jumlah KBLI sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan oleh para pengusaha. Hal ini dikarenakan pengusaha dapat dengan mudah mencari tahu melalui website Online Single Submission (OSS), KBLI yang sesuai dengan kegiatan usahanya.  Yang perlu diperhatikan oleh pengusaha adalah pengusaha harus paham secara spesifik kegiatan usahanya. Karena dalam KBLI telah dibuat secara spesifik untuk setiap kegiatan usaha. Jika salah memilih KBLI yang dipilih oleh pengusaha ternyata tidak sesuai dengan kegiatan usaha, maka akibatnya izin usaha tidak dapat muncul, bahkan bisa dikenai sanksi.


BACA SELENGKAPNYA : Jangan Sampai Salah Memilih KBLI Usaha Anda! Perhatikan 3 Hal Ini

Search keyword:

Contoh ketik Pertanian Kacang Hijau untuk cari KBLI 01115 atau ketik 29300 yaitu KBLI untuk Industri Suku Cadang Dan Aksesori Kendaraan Bermotor Roda Empat Atau Lebih.

Kembali ke Atas