Syarat & Ketentuan Permohonan Merek

Selamat datang di LAYANAN PERMOHONAN MEREK dari smartlegal.id.

smartlegal.id memberikan Pengguna akses ke dan layanan yang ditawarkan melalui situs dan/atau aplikasi smartlegal.id. Setiap Pengguna yang mengakses, mendaftar, menjelajahi dan/atau menggunakan LAYANAN PERMOHONAN MEREK ini maka Pengguna diwajibkan untuk membaca setiap Ketentuan Layanan sebagaimana ditentukan dibawah ini dan Syarat dan Ketentuan serta halaman-halaman lain yang ditetapkan dan diatur situs dan/atau aplikasi smartlegal.id ini.

 

  1. Klien, adalah Pengguna (atau disebut juga, User) yang telah memenuhi persyaratan dan telah lulus dari proses verifikasi (melakukan Pembayaran secara penuh, memberikan data dan/atau informasi yang sesuai dan benar, memberikan dokumen yang berkaitan dalam LAYANAN PERMOHONAN MEREK secara benar)  dan dengan demikian permohonannya untuk menggunakan LAYANAN PERMOHONAN MEREK di situs dan/atau aplikasi smartlegal.id telah diproses.
  2. DJKI, adalah Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, merupakan pihak berwenang untuk memberikan persetujuan permohonan merek dan juga pendaftaran merek di wilayah Republik Indonesia atas nama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
  3. LAYANAN PERMOHONAN MEREK, adalah jasa perbantuan dan/atau administrasi dalam pengajuan permohonan merek Klien yang disediakan situs dan/atau aplikasi smartlegal.id, yang tahapan dibawah ini menjadi satu kesatuan dan bagian tidak terpisahkan dari layanan:
    1. Mengumpulkan Dokumen Persyaratan dari Klien (Checklist Persyaratan).
    2. Mengajukan Permohonan Merek ke DJKI.
    3. Mendapatkan Bukti Permohonan Merek (Surat Pernyataan dan Tanda Terima Pendaftaran).
      Catatan: Bukti Permohonan Merek hanya akan didapatkan Klien, bilamana Klien telah menyelesaikan seluruh proses dan/atau prosedur LAYANAN PERMOHONAN MEREK yang diwajibkan di situs dan/atau aplikasi smartlegal.id.
  4. LAYANAN PERMOHONAN MEREK hanya dapat selesai dengan kondisi-kondisi dibawah ini:
    1. Klien telah melakukan pembayaran biaya jasa sebesar Rp2.290.000,- (dua juta dua ratus sembilan puluh ribu Rupiah) secara penuh (100%) ke-rekening yang diwajibkan di situs dan/atau aplikasi smartlegal.id selambatnya 3 hari kalender setelah pemesanan.
    2. Klien telah mengisi secara lengkap dan benar informasi, data dan dokumen yang diwajibkan dalam situs dan/atau aplikasi smartlegal.id dalam jangka waktu yang ditetapkan, yaitu 7 hari kalender setelah pembayaran biaya jasa oleh Klien atau selambat-lambatnya pukul 13.00 WIB pada hari ketujuh.
  5. Pengguna sepakat untuk memberikan kuasa dan/atau hak kepada smartlegal.id untuk menerima, menyimpan dan mengelola informasi, data dan dokumen pribadi sebagaimana diperlukan untuk menyelesaikan dan/atau penggunaan penggunaan LAYANAN PERMOHONAN MEREK.
  6. Pengguna memahami bahwa permohonan merek dan segala proses pemeriksaan dan persetujuan pendaftaran merupakan wewenang penuh dari DJKI, dan karenanya dalam penggunaan LAYANAN PERMOHONAN MEREK:
    1. Permohonan merek yang diajukan Pengguna dapat dan/atau dimungkinkan berpotensi mendapatkan Usul Tolak dari hasil pemeriksaan DJKI dan/atau Keberatan dari Pihak lain.
    2. Pengguna sudah memastikan bahwa merek yang diajukan pengguna diajukan dengan itikad baik; dan/atau, merupakan milik sendiri dan bukan hasil tiruan dan/atau menjiplak Merek dan/atau kekayaan intelektual orang lain, baik sebagian maupun seluruhnya, termasuk untuk barang dan/atau sejenis; dan/atau, telah digunakan dan/atau baru akan digunakan pertama kali; dan/atau, bukan merupakan atau menyerupai nama atau singkatan nama orang terkenal, foto, atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain; dan/atau, bukan merupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama, bendera, lambang atau simbol atau emblem suatu negara, atau lembaga nasional maupun internasional; dan/atau, bukan merupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan oleh negara atau lembaga Pemerintah, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.
    3. Tidak ada jaminan dan/atau garansi dalam penggunaan LAYANAN PERMOHONAN MEREK termasuk jaminan keberhasilan terdaftarnya merek yang dimohonkan Pengguna melalui situs dan/atau aplikasi smartlegal.id.
    4. Kesalahan penulisan dan/atau kekurangan penulisan dan sebagainya, merupakan tanggung jawab penuh Pengguna. Karenanya, smartlegal.id menghimbau agar Pengguna senantiasa untuk selalu memastikan informasi, data dan/atau dokumen yang diberikan adalah sesuai, termasuk kesesuaian dan kebenaran nama merek, etiket merek dan kelas merek.
  7. Pengguna dengan ini sepakat untuk melepaskan segala tanggung jawab smartlegal.id dari kerugian atau konsekuensi hukum yang dihasilkan dari tidak terpenuhinya ekspektasi Klien dalam LAYANAN PERMOHONAN MEREK atau permohonan merek Pengguna di Tolak dan/atau tidak bisa didaftar. Karenanya, smartlegal.id tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi hukum yang dihasilkan dari kegagalan untuk memberikan informasi yang relevan, akurat dan lengkap, dan/atau keputusan yang telah dibuat dan disetujui oleh Pengguna.
  8. smartlegal.id tidak akan bertanggung jawab atas keterlambatan atau kegagalan dalam kinerja karena keadaan diluar kendali smartlegal.id, termasuk namun tidak terbatas, terlampauinya Jangka Waktu, terlampauinya limit pendaftaran, lewat waktu pembayaran biaya-biaya, hangusnya voucher pengajuan permohonan merek dan sebagainya yang kesemuanya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  9. Pengembalian atas pembayaran biaya (refund) sebagaimana diatur dalam poin 4 huruf (a) hanya dapat dilakukan bila: (i) Pengguna melakukan kelebihan pembayaran; (ii) terjadinya kesalahan sistem smartlegal.id dalam penerimaan pembayaran. Alasan-alasan lain daripada itu bukan merupakan tanggung jawab smartlegal.id dan refund selain daripada alasan dimaksud tidak dilayani oleh smartlegal.id dan/atau smartlegal.id tidak wajib melayani permintaan  refund tersebut.
  10. Kondisi dan tanggung jawab sebagaimana dimaksud poin (6), (7), dan (8) di atas akan terus efektif bahkan setelah LAYANAN PERMOHONAN MEREK selesai.
  11. smartlegal.id dapat setiap saat mengganti, memperbaharui, menambah atau mengurangi Ketentuan Layanan ini. Pengguna terikat oleh setiap perubahan dan pembaharuan tersebut, dan karenanya secara berkala harus melihat halaman ini untuk memeriksa Syarat dan Ketentuan yang berlaku dan mengikat Pengguna.