Legalitas Bisnis Kosmetik: Kekayaan Intelektual Yang Harus Dilindungi!

Smartlegal.id -
Legalitas bisnis kosmetik

“Legalitas bisnis kosmetik: kekayaan intelektual memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi produk dari tindakan plagiarisme dan pencurian”

Menurut laporan dari Zion Market Research, industri kosmetik diperkirakan akan tumbuh sebesar 5,5% CAGR (Compound Annual Growth Rate) dari tahun 2020 hingga 2026. 

Peningkatan permintaan untuk produk perawatan kulit, rambut, dan kuku yang berkualitas tinggi, serta meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kecantikan, menjadi faktor utama pertumbuhan industri kosmetik. 

Selain itu, inovasi dalam teknologi dan bahan-bahan yang digunakan dalam produk kosmetik juga berkontribusi pada pertumbuhan bisnis kosmetik.

Dalam dunia bisnis kosmetik, kekayaan intelektual memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi produk dan merek dari tindakan plagiarisme dan pencurian intelektual, sehingga penting bagi pemilik bisnis kosmetik untuk memahami jenis-jenis kekayaan intelektual yang relevan dengan bisnis mereka dan cara melindunginya.

Baca juga: Punya Usaha Kosmetik? Ini Ketentuan Izin Edar yang Harus Dipenuhi!

Menurut Konsultan Kekayaan Intelektual sekaligus CEO Smartlegal.id, Asharyanto, menjelaskan ada beberapa jenis kekayaan intelektual yang wajib diperhatikan buat pemilik bisnis atau orang yang mau berbisnis kosmetik. 

Legalitas bisnis kosmetik: Merek 

Kenapa merek penting untuk bisnis kosmetik? Buat Anda pengusaha bisnis kosmetik atau yang baru mau mulai bisnis coba perhatikan saat ini ada berapa banyak merek atau brand kosmetik Anda tau? Banyak bangetkan! 

Peran merek adalah untuk membedakan produk kosmetik Anda dengan ribuan produk kosmetik kompetitor Anda. Sehingga konsumen jadi lebih mudah mengenal bahkan mengingat produk Anda. 

Sehingga penting bagi perusahaan kosmetik untuk melindungi merek mereka sebagai aset berharga yang dapat memperkuat posisi merek di pasar dan melindungi investasi jangka panjang mereka. 

Perusahaan kosmetik perlu mendaftarkan merek. Karena dengan mendaftarkan merek, maka merek akan terlindungi secara hukum (Pasal 3 UU Merek). Sehingga kalau ada yang mau menjiplak atau meniru merek Anda, maka dapat menggugat ganti rugi atau menuntut secara pidana (Pasal 83 UU Merek).

Legalitas bisnis kosmetik: Paten

Dalam era bisnis kosmetik dan perawatan kulit yang semakin berkembang, persaingan menjadi semakin ketat, sehingga setiap bisnis saling berkompetisi untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk. 

Namun, masih sedikit pemahaman mengenai perlindungan hukum yang dapat diberikan untuk inovasi produk, proses, dan metode produksi yang dapat dikenal sebagai paten. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ketentuan Sertifikasi Halal Produk Kosmetik dan Obat-Obatan!

Paten untuk produk kosmetik dan perawatan kulit hanya dapat dilindungi setelah diajukan dan diberikan oleh DJKI. 

Sebagai contoh, produk perawatan kulit “Elformula” memiliki hak paten untuk salah satu jenis komposisi produknya yang dikenal sebagai “Cerahydro“. 

Oleh karena itu, dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat ini, perusahaan kosmetik dan perawatan kulit harus memperhatikan perlindungan paten sebagai salah satu upaya untuk melindungi inovasi dan produk mereka dari penggunaan yang tidak sah oleh pihak lain.

Legalitas bisnis kosmetik: Desain Industri

Pembuat produk dapat meningkatkan kemudahan produknya diingat dan dikenal oleh konsumen dengan membuat kemasan yang unik dan khas. 

Namun, pebisnis kosmetik dan perawatan kulit seringkali kesulitan mencegah kompetitor melakukan tindakan plagiarisme terhadap kemasan produk mereka.

Sebenarnya, pebisnis sering tidak menyadari bahwa kemasan produk, termasuk layout toko, dapat dilindungi secara hukum dengan mendaftarkan desain industri ke DJKI untuk memperoleh hak eksklusif. 

Sesuai dengan Pasal 1 angka 5 UU 31/2000, pemilik hak desain industri memiliki hak eksklusif untuk menggunakan desain industri tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

Segera lindungi kekayaan intelektual bisnis kosmetik Anda sebelum ada orang lain yang daftarin! Proses pendaftaran kekayaan intelektual jadi makin mudah kalau dibantu kami. Hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini sekarang juga.

Author: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY