Sengketa Merek GOTO: Ini Alasan Dibalik Kemenangan Gojek-Tokopedia

Smartlegal.id -
Sengketa Merek GOTO

“Sengketa merek Goto yang diperebutkan oleh PT Terbit Financial Technology dan Gojek-Tokopedia menimbulkan pertanyaan mengapa gugatannya bisa dimenangkan oleh Gojek-Tokopedia?”

Masih ingat dengan sengketa rebutan merek “Goto” antara Gojek-Tokopedia dan PT Terbit Financial Technology. Pada tahun 2021, Gojek-Tokopedia digugat oleh PT Terbit Financial Technology karena nama merek hasil merger keduanya, yakni GoTo dianggap sama dengan merek Goto milik PT Terbit Financial Technology.

Tidak tanggung-tanggung gugatan yang dilayangkan senilai Rp2,08 triliun. Namun, putusan gugatannya menyatakan Gojek-Tokopedia lolos dari gugatan yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology. 

Padahal merek “Goto” milik  PT Terbit Financial Technology telah lebih dulu terdaftar. Bahkan sebelum Gojek-Tokopedia merger. Sebagai perbandingan berikut waktu pendaftaran merek milik Gojek-Tokopedia dan merek milik  PT Terbit Financial Technology:

Merek GoToMengajukan PermohonanResmi TerdaftarDurasi Pendaftaran
Milik PT Terbit Financial Technology10 Mar 202025 May 2021441 Hari
Milik Gojek-Tokopedia06 Mar 202127 Dec 2021296 Hari

Sebagai informasi, pendaftaran merek memiliki beberapa ketentuan diantaranya (Pasal 3 UU Merek):

  1. Prinsip first to file, yang berarti siapa yang mendaftar lebih dahulu maka dialah yang berhak mendapat perlindungan atas merek tersebut.
  2. Pemberian Hak penggunaan atas sebuah merek terbatas pada Kelas yang didaftarkan. Jadi walaupun udah terdaftar, bukan berarti seluruh Kelas jadi Hak orang tersebut.

Baca juga: Belajar Dari Kasus Merek GOTO: Ingat! Prinsip “First to File” dalam Merek

Kok Bisa Gojek-Tokopedia lolos dari gugatan?

Berdasarkan putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst, Gugatan yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology ternyata oleh pengadilan dinilai cacat formil. Sehingga gugatan yang diajukan tidak dapat diterima. 

Menurut Yahya Harahap dalam bukunya yang berjudul “Hukum Acara Perdata”, Maksud gugatan cacat formil adalah gugatan yang:

  1. Gugatan yang ditandatangani kuasa berdasarkan surat kuasa yang tidak memenuhi syarat;
  2. Gugatan yang tidak memiliki dasar hukum;
  3. Gugatan error in persona atau kekeliruan seseorang yang dijadikan tergugat;
  4. Gugatan mengandung cacat sehingga formulasi gugatan tidak jelas atau melanggar yurisdiksi (kompetensi) absolut atau relatif.

Baca juga: Merek “GoTo” Digugat Rp2 T, Terancam Tidak Bisa Pakai Merek “GoTo”?

Dalam gugatan yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology terdapat dua poin yang mengakibatkan cacat formil (Putusan Nomor 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst):

  1. Gugatan yang diajukan kabur karena telah mencampur adukan antara gugatan pelanggaran merek dan gugatan pembatalan merek.
    Gugatan pelanggaran merek dan gugatan pembatalan merek adalah memiliki prosedur tersendiri yang berbeda. Sehingga perlu dibuat gugatan terpisah apabila ingin mengajukan kedua gugatan tersebut (Yurisprudensi Putusan Mahkamah Agung tanggal 22 Juni 2020 Nomor: 525K/Pdt.Sus-HKI/2020)
  2. Gugatan diajukan kepada pengadilan yang tidak berwenang
    PT Terbit Financial Technology meminta kepada hakim agar menolak permohonan pendaftaran merek milik Gojek-Tokopedia (Pada saat itu statusnya masih dalam proses permohonan).
    Karena masih dalam proses permohonan, maka yang berwenang untuk menerima atau menolak permohonan pendaftaran merek adalah DJKI dan bukan wewenang Pengadilan Niaga.
    Sehingga hakim tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan menolak permohonan pendaftaran merek yang diajukan oleh Gojek-Tokopedia. 

Karena gugatan yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology dinilai cacat formil sehingga membuat gugatannya tidak dapat diterima. Artinya, PT Terbit Financial Technology masih dapat mengajukan gugatan ulang atau memperbaiki gugatannya. 

Jangan sampai merek Anda didaftarin oleh orang lain lebih dulu yaa! Kalau urusan daftar merek serahkan saja kepada kami. Hubungi Smartlegal.id proses daftar merek jadi mudah. 

Author: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY