Bisnis Aksesoris Harus Tau, Ini Kelas Mereknya!

Smartlegal.id -
Bisnis Aksesoris

“Mau mendaftarkan merek bisnis kerajinan dan aksesoris kamu tapi bingung klasifikasi kelasnya? Yuk simak penjelasan dibawah ini!”

Kelas merek merupakan suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan jenis-jenis produk atau jasa yang dilindungi oleh suatu merek. Setiap merek yang terdaftar di suatu negara dikelompokkan ke dalam salah satu kelas merek berdasarkan jenis produk atau jasa yang dilindungi oleh merek tersebut. 

Sistem kelas merek di Indonesia sendiri mengikuti sistem kelas merek NICE Classification (NCL ver.11) yang terdiri dari 45 kelas, di mana setiap kelas merek mencakup jenis produk dan jasa yang berbeda.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis pada Pasal 4 ayat (2) huruf f (UU MIG), menjelaskan bahwa permohonan pendaftaran merek harus diajukan secara elektronik atau nonelektronik dalam bahasa Indonesia oleh pemohon atau kuasanya ke Menteri. Permohonan tersebut harus mencantumkan kelas barang dan/atau jasa, serta uraian jenis barang dan/atau jasa yang dilindungi oleh merek.

​​Baca juga: Mau Daftarin Merek? Cek Cara Pendaftaran Merek Tahun 2023!

Pentingnya Mengetahui Kelas Merek

Sebelum menjalani bisnis aksesoris dan kerajinan tangan perlu untukmengetahui kelas merek yang nantinya digunakan dalam proses pendaftaran dan pengawasan merek, berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk mengetahui kelas merek:

  1. Memudahkan proses pendaftaran merek

Pemohon dapat memastikan perlindungan optimal bagi merek yang didaftarkan dan kelancaran proses pendaftaran dengan mengetahui kelas merek yang tepat.

  1. Mencegah bentrokan karena kesamaan merek

Dengan mengetahui kelas merek yang tepat, pemohon dapat memastikan bahwa merek yang didaftarkan tidak akan bertabrakan dengan merek yang telah ada.

  1. Meningkatkan pengawasan merek

Dengan mengetahui kelas merek, DJKI dapat memastikan bahwa merek yang dilindungi sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ditentukan dalam kelas merek.

  1. Memperkuat perlindungan hukum

Dengan mengetahui kelas merek yang tepat, pemohon dapat memastikan bahwa merek yang didaftarkan dilindungi secara optimal dan dapat melindungi merek dari tindakan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Kelas Merek Kerajinan Tangan dan Bisnis Aksesoris

Setelah mengetahui pentingnya mengetahui kelas untuk mendaftarkan merek, kira-kira barang kerajinan dan bisnis aksesoris yang mau kamu daftarkan termasuk kedalam kelas berapa ya?

Dilansir dari laman website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), kelas merek barang kerajinan dan aksesoris terdiri dari:

KelasKlasifikasiContoh
14Merek industri logam mulia yang terdiri dari perhiasan, batu berharga, jam dan pesawat pengukur waktu, dan masih banyak lagi.Merek perhiasan Cartier.
16Industri kerajinan tangan, industri pembuatan souvenir atau cinderamata yang terbuat dari kertas, karton, alat cetak, dan lain-lain.merek Izzi Souvenir yang terdaftar dalam kategori souvenir untuk program acara.
18Barang kerajinan yang terbuat dari kulit seperti tas, dompet, koper, dan masih banyak lagi.Merek tas dan dompet Batik Santika.
20Kerajinan karya seni yang terbuat dari kayu, gabus, rumput, bambu, rotan, tanduk, tulang, gading, tulang ikan paus, kerang, amber, kulit mutiara, selloid dan dari bahan-bahan penggantinya, atau dari plastikMerek dan logo karya seni KAYOU. 
21Kerajinan Perkakas rumah tangga atau dapur dan wadah kecil yang bukan dari logam mulia seperti: sisir dan bunga karang; sikat (kecuali kuas melukis); bahan-bahan pembuatan sikat; perkakas dan alat untuk membersihkan; kulit besi untuk menggosok; kaca yang belum dikerjakan atau dikerjakan sebagian (kecuali kaca yang digunakan dalam gedung ); barang pecah belah, porselin dan barang-barang tembikar tidak termasuk dalam kelas lain.Merek alat masak MORIIHOME.
28Barang kerajinan yang berupa mainan anak. Merek boneka mainan anak Barbie.
26Produk-produk barang kerajinan dan aksesoris seperti kalung, gelang, aksesoris rambut, dan lain lain. Merek aksesoris rambut Madonna Accessories.

Jadi, sebelum kamu mendaftarkan merek barang kerajinan dan bisnis aksesoris, pastikan kamu mengetahui kelas merek yang tepat. 

Dengan mengetahui kelas merek yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa merek yang kamu daftarkan dilindungi secara optimal dan dapat melindungi merek dari tindakan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Masih bingung dan pengen tau cara daftarin merek bisnis aksesoris kamu? Serahkan saja kepada kami! Hubungi SmartLegal.id melalui tombol di bawah ini.

Author: Ruth Rotua Agustina
Editor: Annisaa Azzahra

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY