6 Cara Mengatasi Permasalahan OSS Yang Sering Terjadi!

Smartlegal.id -
6 Cara Mengatasi Permasalahan OSS

“Pelaku usaha masih saja menemui masalah saat mengoperasikan akun OSS, adapun solusi untuk mengatasi permasalahan pada akun OSS Anda” 

Berlakunya Online Sistem Submission (OSS) memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengurus perizinan berusaha.  

Namun, masih banyak pelaku usaha yang mengalami masalah pada akun OSS-nya. 

Bahkan Kami pun sering dihubungi klien yang menanyakan terkait permasalahan akun OSS-nya. Mungkin Anda salah satunya yang juga memiliki permasalahan yang sama.

Baca juga: 7 Perbedaan OSS Versi 1.1 Dan OSS-RBA

Berdasarkan dari kegelisahan klien Kami, berikut cara mengatasi permasalahan yang ada saat mengurus akun OSS: 

Data KTP tidak sinkron dengan data di OSS dan/atau Dukcapil 

Ini solusi jika data KTP Anda tidak sinkron dengan data OSS maupun Dukcapil:

  1. Anda bisa menggunakan data KTP lama, sebelum adanya perubahan data pada KTP baru.
  2. Setelah itu Anda juga bisa mengajukan update data diri ke Dukcapil setempat.

Salah memasukkan alamat email atau menggunakan email yang tidak aktif saat mendaftar akun OSS

Tidak jarang pelaku usaha dalam membuat akun OSS menggunakan email yang salah atau email yang tidak lagi aktif. Hal ini akan menjadi masalah karena username dan password akan dikirim ke email yang sudah didaftarkan

Jika email salah atau sudah tidak aktif, maka Anda tidak dapat masuk kedalam akun OSS. Solusinya Anda harus melakukan Rollback dengan cara berikut ini:

  1. Membuat surat permohonan perubahan data OSS, surat permohonan harus mencantumkan alamat email yang salah dan alamat email yang baru. 

Contoh Surat Permohonan Rollback Akun OSS

  1. Membuat surat kuasa, jika yang mengajukan permohonan perubahan data orang lain.

Contoh surat kuasa

  1. Kemudian permohonan perubahan data disampaikan melalui email OSS: [email protected] 
  2. Kemudian akan diproses oleh pihak OSS, jangka waktu prosesnya ± 7 hari kerja.

Selain cara tersebut, Anda juga dapat datang langsung ke kantor Pelayan Terpadu Satu Pintu Pusat (PTSP) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Baca juga: Buat Polygon OSS Anda Disini 

Data perusahaan tertukar dengan perusahaan lain

Permasalahan yang juga sering terjadi pada akun OSS adalah data perusahaan yang tertukar dengan perusahaan lainnya. Masalah ini terjadi akibat dari kesalah system OSS itu sendiri. 

Oleh karena itu hanya petugas OSS yang dapat melakukan perbaikan data yang tertukar tersebut, pelaku usaha tinggal mengajukan surat permohonan perbaikan data ke email OSS [email protected]

Tahapan Rollback atau perubahan data seperti penjelasan sebelumnya. 

Lupa akses akun OSS yang dimiliki

Permasalahan ini paling sering dialami oleh pelaku usaha, yaitu lupa akan akses ke akun OSS-nya. Baik itu lupa akan email ataupun password. Berikut solusi untuk permasalahan ini:

  1. Anda bisa mencoba untuk melakukan pendaftaran ulang akun OSS. Jika cara ini belum berhasil karena system mendeteksi perusahaan Anda sudah terdaftar.
  2. Maka Anda dapat mengajukan surat permohonan Rollback akun OSS ke BKPM. Surat permohonan bisa dikirim ke OSS: [email protected]

Tahapan Rollback atau perubahan data seperti penjelasan sebelumnya. Apabila Anda mengalami kesulitan saat melakukan Rollback Anda bisa konsultasi dengan konsultan yang berpengalaman. 

Belum menerima Username dan Password dari OSS

Jika Anda belum juga menerima username dan password akun, bisa jadi akibat dari masalah di alamat email yang Anda gunakan. Oleh karena itu, perlu melakukan pengecekan kembali pada alamat email yang digunakan saat pendaftaran akun OSS.

Pengecekannya dengan cara melakukan pendaftaran akun OSS baru menggunakan email dan NIK yang sudah digunakan sebelumnya. Jika terdapat notifikasi bahwa NIK itu sudah digunakan, akan ada keterangan NIK itu terdaftar di alamat email yang mana.

Bila kesalahannya itu pada email, maka Anda bisa melakukan Rollback atau perubahan data ke petugas OSS. Tahapan Rollback atau perubahan data seperti penjelasan sebelumnya.

Namun, bila email sudah benar, tetapi tetap belum menerima username dan password. Solusinya adalah harus melakukan konfirmasi ke BKPM untuk meminta username  dan password akun OSS.  

Tidak Dapat Merubah Data Perusahaan Di OSS 

Perlu diketahui, data perusahaan di OSS, seperti data domisili, data tersebut langsung terhubung melalui sistem Administrasi Hukum Umum (AHU).

Ketika para pengusaha mendirikan badan usaha di Notaris, biasanya Notaris sudah memasukan data-data perusahan ke Sistem AHU. Sehingga untuk data perusahaan di OSS tidak dapat lagi diubah. Perubahan data perusahaan harus dilakukan melalui sistem AHU

Akun OSS Anda masih bermasalah atau ada masalah lainnya? Konsultasikan saja dengan SmartLegal.id melalui tombol di bawah ini. 

Author: Muhammad Aliefuddin Sayyaf

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY