Marketplace Ditinggalkan, Seller Bikin Website Sendiri

Smartlegal.id -
marketplace

“Marketplace mulai ditinggalkan oleh beberapa brand-brand besar, seperti IKEA dan NIKE di Amerika Serikat beralih menggunakan website sendiri”.

Kenaikan biaya marketplace kini banyak brand yang mulai meninggalkan platform ini. Seperti yang dilakukan salah satu brand fashion lokal, heymale.id, dan heylocal.id memutuskan untuk meninggalkan marketplace dan melakukan penjualan melalui situs penjualan mereka sendiri.

Dimas, selaku founder dari produk tersebut menuturkan produk yang dirilis selalu habis dalam hitungan menit, namun jika penjualan dilakukan melalui marketplace pemasukan tidak bisa langsung dicairkan karena harus melalui beberapa tahapan di marketplace.

Memang tidak dapat dipungkiri, penggunaan website pribadi memang jauh lebih menguntungkan bagi sebuah brand lantaran pihak brand dan konsumen secara tidak langsung akan saling interaksi. 

Bagi pelaku usaha yang berminat untuk membuat website sendiri untuk brand nya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan hal – hal dibawah ini, diantaranya:

  1. Perhatikan pemilihan Klasifikasi Baku Lingkungan Usaha Indonesia (KBLI)

Berdasarkan KBLI sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 9 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan/atau Produk Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perindustrian (Permenperin No. 9/2021), bagi pelaku usaha yang memanfaatkan website dengan tujuan komersial dapat menggunakan KBLI 63122. 

Ilustrasinya, jika anda menjalankan Perdagangan Eceran Pakaian (47711) yang melakukan penjualan produk melalui website pribadi. Sehingga dalam hal ini anda wajib untuk menambahkan KBLI 63122 ke dalam akun OSS. 

  1. Surat Izin Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (SIUPMSE) dan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Privat.

SIUPMSE merupakan izin usaha untuk melaksanakan kegiatan usaha Perdagangan Melalui Sistem elektronik (PMSE) (Pasal 1 angka 15 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (Permendag 50/2020)). 

Baca juga: Usaha Start-Up Wajib Daftar PSE? Ini Prosedur Pendaftaran PSE 2022!

Dalam hal ini, beberapa pihak yang wajib mempunyai SIUPMSE adalah:

  1. Penyelenggara Sarana Perantara (PSP) yang merupakan pelaku usaha yang hanya sebagai perantara, untuk menyediakan sarana komunikasi elektronik selain penyelenggara telekomunikasi dalam komunikasi elektronik antara pengirim dengan penerima (Pasal 3 ayat (1) Permendag 50/2020).
  2. Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) merupakan pelaku usaha penyedia sarana komunikasi elektronik yang digunakan sebagai transaksi perdagangan (Pasal 8 ayat (1) Permendag 50/2020).
  3. Pedagang yang mempunyai sarana PMSE sendiri (Pasal 8 ayat (2) Permendag 50/2020).

Sementara  bagi pelaku usaha juga perlu untuk melakukan pengurusan terkait PSE Lingkup Privat, yang merupakan penyelenggara sistem elektronik oleh orang, Badan Usaha, dan Masyarakat (Pasal 1 angka 6 PP 71/2019). 

Izin ini wajib dipenuhi bagi Penyelenggara Sistem Elektronik yang memiliki portal, situs, atau aplikasi dalam jaringan melalui internet yang dipergunakan untuk menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan penawaran dan/atau perdagangan barang dan/atau jasa (Pasal 5 huruf b PP 71/2019).

Baca juga: PSE Privat Kena Access Blocking? Begini Cara Mengatasinya

  1. Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TD PSE) Domestik

Setelah memenuhi persyaratan yang sesuai dan memperoleh izin usaha,website tersebut terlebih dahulu harus memiliki izin sistem elektronik yang digunakannya sebelum beroperasi. Izin ini disebut sebagai TD PSE (Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (Permenkominfo No. 5/2021)).

Anda mulai beralih pakai website sendiri untuk jualan? Jangan lupa urus PSE yaa! Anda fokus bikin website yang cakep, pengurusan PSE serahkan saja kepada kami. Hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini.

Author: Hana Wandari

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

Pendirian PT
Pendirian PT 2021, Begini Syarat dan Prosedurnya!
bisa eskpor
PT Perorangan Bisa Ekspor Loh, Ini Ketentuannya!
Syarat dan Prosedur Pendirian Koperasi
Syarat dan Prosedur Pendirian Koperasi di Indonesia
Kemudahan Koperasi
Terbaru! Ini Dia Beragam Kemudahan dan Perlindungan bagi Koperasi
SLID_Infografis_Promo_Kasih_Sayang
Peduli Sahabat? Referensikan Promo Pendirian Badan Usaha

PENDAFTARAN MERK

usaha parfum
Awas! Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Membuka Usaha Inspired Parfum
6 Alasan Pendaftaran Merek Bisa Ditolak
Karena 6 Alasan Ini, Pendaftaran Merek Anda Bisa Ditolak
merek harus beda
Ini Dia! Alasan Merek Harus “Beda” agar Terhindar dari Sengketa
pihak menghapus merek
Hati-Hati! Tiga Pihak Ini Bisa Menghapus Pendaftaran Merek Anda
Kasus Merek Caberg
Update Kasus Merek Caberg: Caberg Italia Masuk Kategori Merek Terkenal

LEGAL STORY

legalitas bisnis ms glow
Kisah Sukses MS Glow, Rela Jual Aset 1 M Penuhi Kebutuhan dan Legalitas Bisnis
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Restoran Tanpa TDUP Bisa Disegel
HATI-HATI! Restoran Tanpa TDUP Bisa Disegel
Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Terpaksa Rebranding Karena Menggunakan Nama Idola-ku
Legal Story: Terpaksa Rebranding Karena Menggunakan Nama Idola-ku

VIDEO ARTIKEL