Contoh Testimoni Kepuasan Pelanggan dan Cara Mendapatkannya agar Bisnis Makin Sukses

Smartlegal.id -
Contoh Testimoni Kepuasan Pelanggan
Image: freepik.com/author/freepik

Testimoni dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, penting bagi setiap bisnis untuk memahami contoh testimoni kepuasan pelanggan dan bagaimana cara mendapatkannya.

Mendapatkan testimoni berkualitas tidak selalu mudah. Perlu strategi khusus agar pelanggan bersedia memberikan ulasan positif tanpa terbebani. Untuk meminimalisir hal itu, Anda bisa memberikan pengalaman terbaik, insentif, hingga menggunakan alat tertentu untuk mengumpulkan. 

Baca juga: 15 Kata-Kata Promosi Travel Mobil yang Unik Untuk Menarik Calon Konsumen

Apa itu Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan adalah kesaksian pelanggan atas produk atau layanan tertentu. Testimoni dapat ditulis dalam bentuk ulasan tertulis, postingan media sosial, hingga video. Dalam sebuah bisnis, testimoni bukan sekadar kesaksian, tetapi juga bentuk dukungan untuk bisnis.

Testimoni adalah sebuah hal yang penting, karena dapat meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan baru. Ini dapat menjadi alat untuk memengaruhi orang agar melakukan tindakan sesuai pendapat orang lain.

Laporan Edelman Trust Barometer (2022) menunjukkan bahwa 64% konsumen milenial dan 60% konsumen Gen Z setuju bahwa reputasi merek yang baik dapat membuat mereka mencoba suatu produk. Sebaliknya, mereka akan beralih ke merek lain jika tidak memercayai merek sebelumnya.

Konsumen merasa dirugikan? Ternyata cara penyelesaiannya, simak ulasannya dalam artikel Konsumen Dirugikan oleh Pelaku Usaha? Ini Penyelesaiannya!

Contoh Testimoni Kepuasan Pelanggan

Dalam memberikan kesaksian, tidak ada format tertentu yang harus diikuti untuk menjadikan testimoni tersebut baik. Pengalaman pelanggan yang ditulis secara jujur dan positif itulah yang dapat mendorong pelanggan melakukan transaksi. Sebagai contoh, berikut testimoni dari berbagai bisnis.

  1. Skincare

“Saya sudah mencoba banyak produk untuk kulit sensitif, tapi baru kali ini menemukan yang benar-benar cocok! Teksturnya ringan, cepat meresap, dan dalam dua minggu pemakaian kulit saya jadi lebih lembap dan cerah. Pasti repurchase lagi!” – Alya, 28 tahun.

  1. Baju

“Bahannya adem, nyaman banget dipakai seharian! Modelnya juga kekinian dan pas di badan. Sudah dicuci berkali-kali tapi warnanya tetap awet. Semua jahitannya juga tetap aman. Next time pasti belanja lagi di sini!” – Rina, 25 tahun.

  1. Jasa Cuci Sofa

“Sofa jadi wangi dan bersih seperti baru lagi! Noda membandel yang sebelumnya sulit hilang juga sudah tidak terlihat. Proses pengerjaannya cepat dan profesional. Sangat puas dengan hasilnya!” – Nanda, 35 tahun.

Baca juga: 9 Macam Strategi Branding untuk Bisnis yang Harus Kamu Pahami agar Sukses!

Cara Mendapatkan Testimoni Kepuasan Pelanggan

Menurut Kathleen Gage, Visibility Consultant di Vegan Visibility, testimoni adalah alat ampuh untuk meningkatkan kredibilitas produk dan layanan secara signifikan. Keberadaan testimoni sangat penting karena dapat memberikan kepastian bagi calon pelanggan berikutnya. 

  1. Tanyakan Secara Langsung

Salah satu cara untuk mendapatkan testimoni dapat dilakukan dengan menanyakannya secara langsung. Jika Anda sedang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk bertanya, Anda bisa melakukannya setelah menyelesaikan proyek tertentu.

Anda pun bisa melakukannya melalui pendekatan pribadi, seperti melalui email, panggilan, atau tatap muka secara langsung. Anda juga bisa membimbing pelanggan dengan pertanyaan spesifik yang mengarahkan mereka pada pengalaman belanja atau mendapatkan layanan tertentu.

  1. Berikan Produk atau Layanan Terbaik

Sebelum mendapatkan testimoni positif, pastikan untuk memberikan produk atau layanan terbaik dari bisnis Anda. Pelanggan yang puas, cenderung akan berbagi pengalaman positif dan tak terlupakan dengan rekan mereka. 

  1. Gunakan Pujian dari Pelanggan

Sebagian besar pelanggan yang merasa puas juga akan terdorong untuk memberikan pujian secara langsung kepada pemilik bisnis. Anda bisa menggunakan momen ini untuk mendapatkan testimoni. Segera berikan tanggapan dengan kata-kata yang baik. 

Mintalah persetujuan pelanggan untuk menggunakan pujian mereka sebagai testimoni pelanggan pada bisnis Anda. Dengan begitu, pujian dari pelanggan tidak hanya menjadi bentuk apresiasi tetapi juga alat pemasaran yang efektif. 

  1. Berikan Templat atau Contoh Testimoni Kepuasan Pelanggan

Tidak semua pelanggan mengerti istilah ‘testimoni.’ Maka untuk mempermudah, Anda bisa memberikan contoh bagaimana mereka harus melakukannya. Dorong mereka untuk menuliskan bagaimana pengalaman yang mereka dapatkan, sehingga testimoni terasa lebih personal.

  1. Gunakan Formulir Online

Formulir online dapat menjadi salah satu alat yang akan memudahkan Anda dan pelanggan terhubung setelah proses transaksi atau kerja sama berakhir. Cara ini dapat dilakukan dengan mengirim tautan melalui email atau nomor telepon atau menempelkannya pada produk.

Untuk mendorong pelanggan meninggalkan pengalamannya, tawarkan insentif kecil seperti hadiah atau diskon. Pastikan formulir mudah diakses dan tidak terlalu panjang agar pelanggan merasa nyaman mengisinya.  

  1. Minta Pelanggan Memberikan Testimoni Online

Jika bisnis Anda memiliki media sosial, website, atau platform e-commerce, hal ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhinya dengan testimoni online. Arahkan pelanggan untuk meninggalkan kesannya setelah berbelanja atau bekerjasama dengan Anda.

  1. Gunakan Video

Selain sebagai media pemasaran yang efektif, testimoni pelanggan juga dapat digunakan sebagai ide konten yang relevan. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menghubungi beberapa pelanggan dan menanyakan kesediaan mereka untuk syuting testimoni atau merekamnya secara pribadi. 

Jika meminta mereka merekam secara pribadi, buatlah panduan atau langkah-langkah membuatnya. Termasuk kualitas audio dan visualisasi yang baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu meminta pelanggan merekam ulang apabila ada yang tidak sesuai dengan standar pembuatan konten.

  1. Tindak Lanjuti Permintaan Testimoni

Beberapa pelanggan mungkin tidak bisa memberikan testimoni secara langsung ketika Anda memintanya. Dalam hal ini, Anda bisa mengingatkan mereka yang telah menjanjikan testimoni. Pastikan untuk meminta secara baik dan bangun hubungan jangka panjang secara alami.

  1. Utamakan Hukum dan Etika

Hal yang paling penting dalam pembuatan testimoni adalah pastikan Anda telah mendapat izin untuk menggunakan kesaksian mereka. Pastikan testimoni adalah kesaksian asli dan mencerminkan pengalaman pelanggan yang nyata. Hindari untuk melebih-lebihkan agar terlihat kredibel.

Selain itu pastikan Anda melakukan Analisa pasar untuk menunjang bisnis, simak ulasannya dalam artikel Cara Melakukan  Analisis Pasar untuk Sebuah Bisnis Beserta Contohnya secara Sederhana

FAQ

Apa Saja Indikator Kepuasan Pelanggan?

Indikator kepuasan pelanggan adalah patokan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini dapat mencakup berbagai hal. Menurut cmlabs.co, terdapat delapan indikator yang bisa digunakan untuk mengukurnya.

Beberapa diantaranya adalah persentase pembelian kembali, loyalitas pelanggan, retensi pelanggan, keluhan, ulasan dan peringkat, customer acquisition cost atau biaya akuisisi pelanggan, net promoter score atau skor promotor bersih, dan customer effort score atau skor upaya pelanggan.

Pertanyaan Testimoni Apa Saja?

Untuk mendapatkan testimoni positif dari pelanggan, Anda bisa menyusun beberapa pertanyaan sehingga interaksi terasa natural. Dengan begitu, pelanggan tidak merasa terintimidasi atau tertekan karena pertanyaan-pertanyaan Anda. Berikut beberapa contoh untuk mendapatkan testimoni.

  • Bisakah Anda memperkenalkan diri secara singkat?
  • Kapan pertama kali Anda menemukan produk atau layanan kami?
  • Bagaimana Anda menemukan kami?
  • Apa ekspektasi Anda dari produk atau layanan kami?
  • Mengapa Anda memilih produk atau layanan kami daripada yang lain?
  • Apa hal favorit Anda tentang produk atau layanan kami?
  • Bagaimana pengalaman Anda menggunakan produk atau layanan kami?
  • Bagaimana produk atau layanan kami memengaruhi kehidupan atau situasi Anda?
  • Seperti apa pengalaman membeli Anda di toko kami?
  • Apakah Anda memiliki saran agar produk atau layanan kami bisa melebihi ekspektasi awal Anda?
  • Apakah Anda akan merekomendasikan produk atau layanan kami?
  • Apa alasan Anda merekomendasikan produk atau layanan kami kepada keluarga atau teman?
  • Menurut Anda, apa hal yang harus diketahui orang lain tentang produk atau layanan kami?

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan testimoni pelanggan. Pastikan tidak melewatkan contoh testimoni kepuasan pelanggan untuk mengetahui bagaimana kesaksian tersebut disusun dengan memikat.

Anda khawatir dengan izin pendirian usaha anda? Jangan Khawatir hubungi kami Smartlegal.id telah berpengalaman dalam menangani berbagai urusan hukum khususnya perizinan usaha. Silakan hubungi kami dengan cara klik tombol di bawah ini. 

Editor: Genies Wisnu Pradana

Referensi:
https://www.linkedin.com/pulse/10-proven-strategies-collect-powerful-testimonials-your-kathleen-gage-frnnc/
https://trustmary.com/testimonials/how-to-get-testimonials-from-customers/
https://delighted.com/blog/customer-testimonials#h-what-is-a-customer-testimonial
https://cmlabs.co/en-my/seo-terms/customer-satisfaction-indicators
https://www.indeed.com/career-advice/career-development/questions-for-testimonials

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY