Mau Menyebarkan Iklan Melalui Sistem Elektronik? Pahami Dulu Ketentuannya!

Smartlegal.id -
Mau Menyebarkan Iklan Melalui Sistem Elektronik Pahami Dulu Ketentuannya

“Sebelum menyebarluaskan iklan elektronik pengusaha harus memastikan substansi atau materi iklan yang disampaikan.”

Bagi pengusaha mengiklankan produknya merupakan strategi agar masyarakat menyadari produk yang milikinya. Karena hanya dengan memiliki produk yang unik dan berkualitas saja tidaklah cukup untuk menarik perhatian masyarakat. Sehingga tidak heran banyak pengusaha yang membayar mahal atau mengeluarkan anggaran yang banyak untuk mengiklankan produknya.

Saat ini banyak pengusaha yang memanfaatkan media elektronik atau internet (iklan elektronik) untuk mengiklankan produk atau jasa miliknya. Iklan yang dibuat pun beraneka ragam dan masing-masing tentu memiliki kreativitas yang berbeda-beda. Semakin unik iklan yang dibuat tentunya masyarakat dapat semakin mengenali produk atau jasa yang ditawarkan. 

Namun perlu diperhatikan, sebelum menyebarluaskan iklan elektronik pengusaha harus memastikan substansi atau materi iklan yang disampaikan. Hal itu agar substansi atau isi materi iklan yang disampaikan tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Karena pengusaha lah yang harus bertanggung jawab terhadap substansi atau materi iklan yang disampaikan. 

Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (Permendag 50/2020). Dalam hal membuat materi iklan elektronik, pengusaha harus membuat materi sesuai dengan kode etik periklanan. Adapun ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengusaha sebelum menanyakan iklan sebagai berikut (Pasal 19 ayat (2) Permendag 50/2020):

  1. Tidak mengelabui konsumen mengenai kualitas, kuantitas, bahan, kegunaan, dan harga barang dan/atau tarif jasa, serta ketepatan waktu penerimaan barang dan/atau jasa;
  2. Tidak mengelabui jaminan atau garansi terhadap Barang dan/atau jasa;
  3. Tidak memuat infomasi yang keliur, salah, atau tidak tepat mengenai barang dan/atau jasa;
  4. Memuat informasi mengenai resiko pemakaian barang dan/atau jasa;
  5. Tidak mengeksploitasi kejadian dan/atau seseorang tanpa seizin yang berwenang atau persetujuan yang bersangkutan; dan
  6. Menyediakan fungsi keluar dari tayangan iklan elektronik yang ditunjukkan dengan tanda close, skip, atau tutup dan ditempatkan pada tempat yang jelas sehingga memudahkan konsumen dalam menutup iklan elektronik dimaksud.

Baca juga: Awas Jerat Hukum Terhadap Pengusaha Jasa Periklanan

Pengusaha yang membuat dan/atau menyebarluaskan iklan elektronik yang melanggar ketentuan tersebut, maka pengusaha dapat dikenai sanksi administratif. Sanksi administratif itu berupa peringatan tertulis, pencantuman dalam daftar hitam, bahkan sampai pencabutan izin usaha (Pasal 47 Permendag 50/2020). 

Pengusaha perlu berhati-hati dalam mengiklankan produknya. Karena jika tidak, maka dapat merugikan pengusaha sendiri. Kreatif dalam membuat iklan yang unik boleh-boleh saja, tetapi ada ketentuan yang harus ditaati.

Jika anda membutuhkan konsultasi hukum seputar bisnis anda, konsultasikan saja kepada Smartlegal.id dengan menghubungi melalui tombol di bawah ini.

Author: Dwiki Julio Dharmawan

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

outsource-1345109_1280
Prosedur Pendirian Perusahaan Outsourcing
Perhatikan 6 Langkah Ini Untuk Mendirikan CV Di Kota Tangerang
Perhatikan 6 Langkah Ini Untuk Mendirikan CV Di Kota Tangerang
Sebelum Meminjamkan Bendera PT Perhatikan Hal Ini
Sebelum “Meminjamkan Bendera PT”, Perhatikan Hal Ini!
Hati-Hati! Ada Sanksi Bagi Pelaku Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Yang Tidak Memiliki Sertifikasi ISPO
Hati-Hati! Ada Sanksi Bagi Pelaku Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Yang Tidak Memiliki Sertifikasi ISPO
Perbedaan Jenis Koperasi Yang Harus Dipahami
Perbedaan Jenis Koperasi Yang Harus Dipahami

PENDAFTARAN MERK

3 Kerugian Ketika Telat Mendaftarkan Merek
3 Kerugian Ketika Telat Melakukan Pendaftaran Merek
BTS Meal
McDonald’s Gunakan Logo BTS Pada BTS Meal? Kok Bisa?
Jangan Salah Pilih Klasifikasi Pendaftaran Merek Agar Tidak Ditolak DJKI
Jangan Salah Pilih Klasifikasi Pendaftaran Merek Agar Tidak Ditolak DJKI
Apa Aja Sih Yang Harus Dicantumkan Dalam Label Kemasan Pangan Olahan
Apa Aja Sih Yang Harus Dicantumkan Dalam Label Kemasan Pangan Olahan
Kriteria Merek Terkenal
Ini Lho Kriteria yang Bisa Dianggap Merek Terkenal

LEGAL STORY

Legal Story Hitung Pajak Negara Tapi Lupa Pajak Daerah
Legal Story: Hitung Pajak Negara Tapi Lupa Pajak Daerah
oyo
Ramai OYO bikin rugi: Salah Satunya Soal Perjanjian Kerjasama Dengan Mitra
Lupa ngurus ijin BPOM, Nginep 7 bulan di penjara
Lupa Ngurus Ijin BPOM, Nginep 7 Bulan di Penjara
Legal Story: Terpaksa Rebranding Karena Menggunakan Nama Idola-ku
Legal Story: Terpaksa Rebranding Karena Menggunakan Nama Idola-ku
Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana

VIDEO ARTIKEL