Perhatikan Ketentuan Hukum Ini, Jika Ingin Mengiklankan Jasa Fotografi

Smartlegal.id -

BAGIKAN:

hukum fotografi

Bukannya bisnis makin berkembang, fotografer bisa kena sanksi pidana jika belum mendapatkan persetujuan dari orang yang dipotret.

Anda fotografer? Hati-hati ketika hendak mengiklankan karya anda. Biasanya fotografer akan mempublikasikan karya foto nya untuk portofolio sebagai daya tarik menggunakan jasanya.

Publikasi bisa dilakukan melalui brosur, website bahkan sosial media. Sehingga calon konsumen dapat melihat hasil foto yang kemudian menumbuhkan rasa percaya untuk menggunakan jasa fotografinya.

Tidak sedikit fotografer yang menggunakan foto klien atau talent yang sudah pernah difoto untuk kampanye bisnisnya. Tidak ada yang salah dengan strategi marketing ini. Namun, fotografer harus meminta izin terlebih dahulu kepada klien atau talent yang difoto.

Artikel Terkait : 10 hal penting biar ga dibilang travel photographer kaleng-kaleng

Fotografer memang menjadi pencipta atau pemegang hak cipta dari foto yang dihasilkan. Akan tetapi, terdapat pembatasan hak ekonomi terhadap foto yang dihasilkan sebagaimana diatur dalam Pasal 12 Undang-Undang No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta) yang berbunyi:

  • Setiap Orang dilarang melakukan Penggunaan Secara Komersial, Penggandaan, Pengumuman, Pendistribusian, dan/atau Komunikasi atas Potret yang dibuatnya guna kepentingan reklame atau periklanan secara komersial tanpa persetujuan tertulis dari orang yang dipotret atau ahli warisnya.
  • Penggunaan Secara Komersial, Penggandaan, Pengumuman, Pendistribusian, dan/atau Komunikasi Potret sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) yang memuat Potret 2 (dua) orang atau lebih, wajib meminta persetujuan dari orang yang ada dalam Potret atau ahli warisnya.

Jika para pelaku tidak taat hukum fotografi atau melanggar ketentuan pada Pasal 12 UU Hak Cipta, maka dapat dikenakan sanksi pidana. Sebagaimana diatur dalam Pasal 115 UU Hak Cipta yang berbunyi

Setiap Orang yang tanpa persetujuan dari orang yang dipotret atau ahli warisnya melakukan Penggunaan Secara Komersial, Penggandaan, Pengumuman, Pendistribusian, atau Komunikasi atas Potret sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 untuk kepentingan reklame atau periklanan untuk Penggunaan Secara Komersial baik dalam media elektonik maupun non elektronik, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

Kelihatannya sepele, tapi tetap patuhi hukum fotografi ya. Oleh karena itu, selalu siapkan perjanjian untuk mempublikasikan foto yang kemudian disepakati dan ditandatangani oleh orang yang dipotret. Jika tidak sempat meminta persetujuan setelah dipotret, kemudian orang yang dipotret sudah meninggal, maka anda dapat meminta persetujuan kepada ahli warisnya.

Artikel Terkait :

Waspadai Jenis-Jenis Pelanggaran Hak Cipta!

Perlukah Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek?

Perhatian kecil terhadap aspek legal akan menyelamatkan anda dari kerugian yang besar. Smart Legal memiliki staf yang responsive dan memberikan konsultasi gratis mengenai layanan pendaftaran merek maupun pendirian badan usaha. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menghubungi Smart Legal melalui tombol dibawah ini.

Author : Dwiki Julio Dharmawan

PENDIRIAN BADAN USAHA

Ini 4 Keuntungan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Jika Memiliki IUMK
Ini 4 Keuntungan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Jika Memiliki IUMK
Hati-Hati! Sanksi Menanti Bagi Perusahaan Publik yang Tidak Melaksanakan Penyampaian Informasi atau Fakta Material
Hati-Hati! Sanksi Menanti Bagi Perusahaan Publik yang Tidak Melaksanakan Penyampaian Informasi atau Fakta Material
Hati-Hati! Sanksi Menanti Apabila Perusahaan Terlambat Menyampaikan Notifikasi Akuisisi, Merger, dan Konsolidasi ke KPPU
Hati-Hati! Sanksi Menanti Apabila Perusahaan Terlambat Menyampaikan Notifikasi Akuisisi, Merger, dan Konsolidasi ke KPPU
Tak Selamanya Tanggung Jawab Direksi Terbatas
Tak Selamanya Tanggung Jawab Direksi Terbatas
3 Poin Yang Membedakan Pailit Dengan Bangkrut
3 Poin Yang Membedakan Pailit Dengan Bangkrut

PENDAFTARAN MERK

3 Kesalahan Pelaku Usaha Terkait Pendaftaran Merek
3 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Mendaftarkan Merek
merek tidak dapat didaftarkan
Ini Aturan Baru Soal Kriteria Merek yang Tidak Dapat Didaftarakan
INI YANG BISA ANDA LAKUKAN JIKA PENDAFTARAN MEREK DITOLAK
Ini yang Bisa Anda Lakukan Jika Pendaftaran Merek Anda Ditolak
pajar
Ini Syarat dan Prosedur Pendaftaran Merek Bagi PT
Kasus Tempo Gelato
Kasus Tempo Gelato, Hati-Hati Daftarkan Merek Dengan Itikad Tidak Baik Bisa Dibawa Ke Pengadilan

LEGAL STORY

oyo
Ramai OYO bikin rugi: Salah Satunya Soal Perjanjian Kerjasama Dengan Mitra
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
Legal Story Hitung Pajak Negara Tapi Lupa Pajak Daerah
Legal Story: Hitung Pajak Negara Tapi Lupa Pajak Daerah
Reseller Kosmetik
Kisah Reseller Produk Kosmetik Mencari Untung Malah Buntung
Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana

VIDEO ARTIKEL