Ini Akibatnya Jika “Menjual” Profile Netflix Kepada Orang Lain Tanpa Izin

Smartlegal.id -

BAGIKAN:

Jual akun netflix

“Hati-hati, jual akun Netflix bisa dianggap wanprestasi dan layanan pelanggan bisa dihentikan atau dibatasi.”

Netflix jadi platform idaman untuk streaming film online. Netflix berhasil memikat para pecinta film dan menggunakan aplikasinya. Terlebih lagi berhasil mengubah cara pandang sebagian banyak orang kalau nonton film sekarang tidak perlu ke bioskop.

Beberapa waktu setelah booming-nya Netflix, banyak orang yang menyediakan akun Netflix dengan harga yang lebih murah. Memang jika dibandingkan dengan rentang harga aslinya mulai Rp54 ribu hingga Rp186 ribu perbulan, penyedia jasa akun Netflix menawarkan kisaran harga Rp32 ribu perbulan. Sehingga penikmat Netflix jamak membeli jasa akun tersebut karena harga yang relatif lebih terjangkau.

Penjual yang jual akun Netflix murah seringkali ditemukan dengan memanfaatkan Paket Premium atau juga dikenal sebagai Family Plan atau sistem langganan keluarga. Dengan begitu, satu akun Netflix bisa digunakan beberapa orang melalui Profile masing-masing. Pembayaran dilakukan dengan satu tagihan saja dan pembeli Profile cukup membayar kepada penjual akun. Sehingga penjual akun bisa menawarkan Profile tersebut kepada pembelinya yang harganya tentu lebih murah daripada berlangganan satu akun untuk sendiri. Namun, apakah “menjual” profile akun Netflix tersebut legal?

Baca juga: Ramai OYO Bikin Rugi: Salah Satunya Soal Perjanjian Kerjasama dengan Mitra

Jika melihat cara kerja penjualan akun Netflix tersebut rasanya tidak ada masalah sama sekali. Malah hal tersebut merupakan strategi bisnis penjual akun Netflix yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang. 

Netflix pun juga menyediakan Family Plan atau sistem langganan keluarga yang memang bisa digunakan banyak orang melalui setiap Profile dalam satu akun. Sehingga terkesan legal dan tidak ada masalah berarti. Justru penjual yang jual akun Netflix murah berhasil menawarkan program Netflix agar lebih banyak penggunanya.

Namun, yang luput dari penjual adalah Term of Use Netflix yang ada pada website. Lebih lengkap Term of Use tersebut bisa diakses di https://help.Netflix.com/legal/termsofuse. Salah satu ketentuan Term of Use pada Nomor 4.2 menjelaskan sebagai berikut:

“The Netflix service and any content viewed through the service are for your personal and non-commercial use only and may not be shared with individuals beyond your household. During your Netflix membership we grant you a limited, non-exclusive, non-transferable right to access the Netflix content. Except for the foregoing, no right, title or interest shall be transferred to you. You agree not to use the service for public performances.”

Adapun terjemahan bebasnya dalam Bahasa Indonesia adalah:

“Layanan Netflix dan konten apapun yang dilihat melalui layanan tersebut ditujukan hanya untuk penggunaan bersifat pribadi dan non-komersial oleh Anda dan tidak dapat digunakan bersama orang-orang di luar rumah tangga Anda. Selama keanggotaan Netflix Anda, kami memberi Anda suatu hak yang terbatas, non-eksklusif, dan tidak dapat dialihkan untuk mengakses layanan Netflix dan melihat konten Netflix. Kecuali untuk hal-hal tersebut di atas, tidak ada hak, alas hak, atau kepentingan yang akan dialihkan kepada Anda. Anda setuju untuk tidak menggunakan layanan untuk pertunjukan umum”

Baca juga: Perhatikan Dulu Perjanjian Kerjasama, Sebelum Menggugat Ke Pengadilan

Baca juga:  Ubah Spesifikasi Bangunan, Developer Perumahan Bisa Kena Sanksi Pidana!

Penjual yang jual akun Netflix murah juga sekaligus menjadi pelanggan Netflix. Sehingga, penjual yang jual akun Netflix murah sudah melanggar ketentuannya sebagai pelanggan Netflix. Karena menjual Profile termasuk tujuan komersial dan ada kepentingan berupa keuntungan yang bisa didapat oleh pelanggan Netflix. Selain itu, Netflix juga menegaskan dalam salah satu ketentuan lainnya pada Nomor 4.3 yang isinya sebagai berikut:

“You agree to use the Netflix service, including all features and functionalities associated therewith, in accordance with all applicable laws, rules and regulations, or other restrictions on use of the service or content therein. You agree not to archive, reproduce, distribute, modify, display, perform, publish, license, create derivative works from, offer for sale, or use (except as explicitly authorized in these Terms of Use) content and information contained on or obtained from or through the Netflix service. You also agree not to: circumvent, remove, alter, deactivate, degrade or thwart any of the content protections in the Netflix service; use any robot, spider, scraper or other automated means to access the Netflix service; decompile, reverse engineer or disassemble any software or other products or processes accessible through the Netflix service; insert any code or product or manipulate the content of the Netflix service in any way; or use any data mining, data gathering or extraction method. In addition, you agree not to upload, post, e-mail or otherwise send or transmit any material designed to interrupt, destroy or limit the functionality of any computer software or hardware or telecommunications equipment associated with the Netflix service, including any software viruses or any other computer code, files or programs. We may terminate or restrict your use of our service if you violate these Terms of Use or are engaged in illegal or fraudulent use of the service.”

Terjemahan bebasnya:

“Anda setuju untuk menggunakan layanan Netflix, termasuk semua fitur dan fungsi terkaitnya, sesuai dengan semua hukum, aturan, dan peraturan yang berlaku, atau pembatasan lainnya tentang penggunaan layanan atau konten di dalamnya. Anda setuju untuk tidak membuat arsip, memperbanyak, mendistribusikan, memodifikasi, menampilkan, mempertunjukkan, mempublikasikan, memberikan lisensi, membuat karya turunan dari, menawarkan untuk menjual, atau menggunakan (kecuali sebagaimana secara tegas diizinkan dalam Ketentuan Penggunaan ini) konten dan informasi yang terdapat pada atau diperoleh dari atau melalui layanan Netflix. Anda juga setuju untuk tidak: menghentikan, menghapus, mengubah, menonaktifkan, menurunkan, atau menggagalkan perlindungan konten dalam layanan Netflix; menggunakan robot, spider, pengikis, atau program otomatis lainnya untuk mengakses layanan Netflix; merombak, merekayasa balik, atau membongkar perangkat lunak apa pun atau produk atau proses lain yang dapat diakses melalui layanan Netflix; memasukkan kode atau produk apa pun atau memanipulasi konten layanan Netflix dengan cara apa pun; atau menggunakan penggalian data, pengumpulan data, atau metode ekstraksi apa pun. Selain itu, Anda setuju untuk tidak meng-upload, mem-posting, mengirim email, atau mengirim atau melakukan transmisi materi apa pun yang dirancang untuk mengganggu, merusak, atau membatasi fungsi dari perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau peralatan telekomunikasi yang terkait dengan layanan Netflix, termasuk virus perangkat lunak atau kode komputer, file, atau program apa pun lainnya. Kami dapat menghentikan atau membatasi penggunaan layanan oleh Anda jika Anda melanggar Ketentuan Penggunaan ini, atau jika Anda terlibat dalam penggunaan layanan yang ilegal atau curang.”

Sehingga, ketentuan tersebut menegaskan kepada pelanggan untuk setuju tidak menawarkan dan jual layanan Netflix kepada orang lain. Jika ketentuan tersebut dilanggar, menggunakan layanan dengan ilegal atau curang, maka Netflix bisa menghentikan atau membatasi layanan yang dimiliki pelanggan. Termasuk pelanggan yang menjadi penjual akun Netflix murah.

Baca juga: Ingin Mendirikan Perusahaan Startup Digital? Ketahui Apa yang Harus Anda Perhatikan dari Segi Hukum!

Baca juga:  Ini Lho Kriteria Sektor Yang Boleh Beroperasi Saat Pemberlakuan PSBB

Perlu diketahui, Term of Use adalah salah satu bentuk dari klausula yang telah ditetapkan oleh pemilik platform. Pelanggan yang menikmati fitur Netflix dengan membeli layanannya berarti sudah setuju dengan klausula baku tersebut. Sehingga segala pelanggaran atas Term of Use tersebut bisa dianggap sebagai wanprestasi. 

Jika Netflix merasa dirugikan atas tindakan pelanggan yang juga merupakan penjual akun Netflix murah, maka Netflix juga berhak untuk mengajukan gugatan secara perdata kepada pelanggan yang bersangkutan.

Jadi, hindari menjual layanan Netflix tanpa izin. Karena pihak Netflix tidak mengizinkan penggunaan layanan dengan tujuan komersial. Jika layanan Netflix pada akun pelanggan dihentikan atau dibatasi, maka pembeli Profile pada akun tersebut juga rugi. Pembeli bisa menuntut kerugian tersebut kepada penjual akun Netflix yang bersangkutan.

Minat konsultasi mengenai perjanjian atau hukum bisnis? Segera hubungi smartlegal.id melalui tombol dibawah ini.

Author: Bagus Zuntoro Putro

Butuh informasi lebih lanjut diluar dari artikel ini, silahkan hubungi kami!

BACA JUGA

PENDIRIAN BADAN USAHA

Persyaratan Yang Harus Dimiliki Sebelum Mengurus Sertifikasi ISPO Perkebunan Kelapa Sawit
Persyaratan Yang Harus Dimiliki Sebelum Mengurus Sertifikasi ISPO Perkebunan Kelapa Sawit
Jenis-Usaha-yang-Tidak-Boleh-Menggunakan-Virtual-Office
Jenis Usaha yang Tidak Boleh Menggunakan Virtual Office
Ingat! Apartemen Tidak Dapat Dijadikan Domisili PT
Ingat! Apartemen Tidak Dapat Dijadikan Domisili PT
Prosedur Merger Bagi Perusahaan
Prosedur Merger Bagi Perseroan Terbatas
Permendag 502020
Kini Semua Toko Online Wajib Terdaftar dan Mengantongi Izin Khusus Dengan Adanya Permendag 50/2020

PENDAFTARAN MERK

Jangan Salah Pilih Klasifikasi Pendaftaran Merek Agar Tidak Ditolak DJKI
Jangan Salah Pilih Klasifikasi Pendaftaran Merek Agar Tidak Ditolak DJKI
Ingin Mendaftarkan Merek Internasional Perhatikan Hal Ini
Ingin Mendaftarkan Merek Internasional? Perhatikan Hal Ini
Bagaimana-Prosedur-Pendaftaran-Merek-Di-Indonesia
Bagaimana Prosedur Pendaftaran Merek Di Indonesia?
Jangka Waktu Perlindungan Merek Dan Cara Perpanjangannya
Jangka Waktu Perlindungan Merek dan Cara Perpanjangan Merek
6 Alasan Pendaftaran Merek Bisa Ditolak
Karena 6 Alasan Ini, Pendaftaran Merek Anda Bisa Ditolak

LEGAL STORY

HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Terpaksa Rebranding Karena Menggunakan Nama Idola-ku
Legal Story: Terpaksa Rebranding Karena Menggunakan Nama Idola-ku
Legal Story Hitung Pajak Negara Tapi Lupa Pajak Daerah
Legal Story: Hitung Pajak Negara Tapi Lupa Pajak Daerah
Brand yang Aku Bangun Ketikung Rivalku
Legal Story: Brand yang Aku Bangun Ketikung Rivalku

VIDEO ARTIKEL