3 Kerugian Ketika Telat Melakukan Pendaftaran Merek

3 Kerugian Ketika Telat Mendaftarkan Merek

Taukah anda kerugian apa ketika telat melakukan pendaftaran merek?  Dengan melakukan pendaftaran merek secepatnya maka merek Anda tidak dapat disalahgunakan oleh orang lain. Merek juga dapat dijadikan aset yang tidak berwujud dengan harga jual tinggi.

Namun sayangnya keuntungan pendaftaran merek tidak disadari oleh banyak pelaku usaha, sehingga banyak pelaku usaha yang tidak mendaftarkan mereknya. Seperti pelaku usaha yang bergerak di bidang oleh- oleh khas daerah. Padahal oleh-oleh khas daerah biasanya memiliki banyak konsumen yang mengakibatkan munculnya kompetitor di bidang yang sama. Semakin banyaknya kompetitor tentu saja pengusaha harus segera mendaftarakan mereknya. Sehingga celah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh kompetitor untuk mengambil identitas atau merek dari pemilik merek.

Jika  anda telat melakukan pendaftaran merek dan yang mendaftarkan lebih awal adalah kompetitor maka pemilik awal merek hanya memiliki tiga pilihan, sebagai berikut:

  1. Rebranding atau melakukan perubahan dari brand/merek yang ada

Pelaku usaha biasanya lebih memilih melakukan rebranding atau melakukan perubahan brand/merek. Tentu saja dalam proses rebranding tidak selalu berjalan mulus. Proses branding sendiri tidak hanya sebatas membuat logo, memberikan nama, atau sekedar mencetak di brosur atau flyer, spanduk dan kemasan yang dicantumkan di website. Branding dimulai pada saat konsumen pertama kali melihat, membeli, mendengar, dan merasakan produk yang dijual. Tentunya masih ada budget yang dikeluarkan untuk melakukan promosi dan mengkampanyekan brand/merek tersebut.

Artikel Terkait : Mau Mendaftarkan Merek? Simak Cara Terbaru!

  1. Membeli merek yang didaftarkan competitor

Jika pemilik awal merek ingin membeli merek, maka harganya ditentukan oleh pengusaha yang mendaftarkan merek.

 

  1. Tetap menggunakan merek yang awal, namun membayar royalti kepada kompetitor yang mendaftarkan merek tersebut.

Sama halnya dengan membeli merek, harga royalti juga ditentukan oleh pengusaha yang mendaftarkan merek. Sehingga ketiga pilihan tersebut merugikan pemilik awal merek karena pemilik awal merek harus mengeluarkan anggaran lebih. Anda pasti tidak ingin hanya karena tidak mendaftarkan merek harus mengeluarkan anggaran yang berlebih. Jadi lebih baik segera melakukan pendaftaran merek sebelum merek yang Anda miliki didaftarkan oleh kompetitor usaha Anda.

Sudah tau bagaimana pentingnya pendaftaran merek? Ingin mendaftarkan merek  namun anda bingung mengurus pendaftaran merek? Konsultasikan dulu dengan Smartlegal.id. Hubungi di
Telp:     0813-1515-8719
Email:   info@smartlegal.id

Author : Dwiki Julio Dharmawan

Editor : Hasyry Agustin

Bergabung untuk dapatkan konten terbaru lainnya:

Facebook Page

Smartlegal.id

Telegram Channel

Smartlegal.id