Syarat, Prosedur, & Biaya Pendirian PT 2023

Smartlegal.id -
Pendirian PT 2023

“Pendirian PT 2023? Pelajari terlebih dahulu syarat, prosedur dan biayanya biar gak salah langkah yang bisa merugikan Anda sendiri”

Banyaknya keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahaan jika berbentuk Perseroan Terbatas. Salah satunya ialah diakui kredibilitas dan reputasi perusahaan secara baik yang berakibat terhadap citra dari perusahaan lebih dipercaya dan membantu perusahaan dalam menjalin hubungan bisnis dengan pihak lain. Berikut syarat, prosedur, dan biaya untuk mendirikan Perseroan Terbatas (PT).

Perseroan Terbatas (PT) ialah sebuah badan hukum berupa persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham atau badan hukum perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil (UMK). (Pasal 109 angka 1 Undang-undang Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker)).

Baca juga: Bisnis Baru Mulai, Mending Mana PT Atau CV?

Untuk Pendirian PT di 2023, Anda dapat memilih jenis PT sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Terdapat 2 jenis PT yang dapat Anda pilih yaitu, PT Persekutuan Modal dan PT Perorangan. (Perubahan Pasal 1 angka 1 UU PT pada UU Ciptaker).

  1. PT Persekutuan Modal/ PT Biasa
    PT Persekutuan Modal atau PT Biasa adalah badan-badan hukum persekutuan modal didirikan berdasarkan perjanjian dan melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham.
  1. PT Perorangan
    PT perorangan atau PT UMK adalah badan hukum perorangan yang memenuhi kriteria UMK sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai UMK yang hanya dapat didirikan oleh pelaku usaha dengan kriteria UMK. 

Untuk saat ini kita akan membahas tentang prosedur pendirian PT Persekutuan Modal atau sering disebut PT Biasa di tahun 2023

Pengajuan Nama PT

Namun, sebelum memilih jenis PT Anda harus melakukan pengajuan nama dari PT. Nama memiliki Kedudukan penting dalam PT sebagai aset berharga yang harus dijaga dan dilindungi. Peran nama terhadap PT dapat mencegah perselisihan nama, meningkatkan perlindungan hukum, membuat citra perusahaan lebih profesional, memudahkan pendaftaran merek dagang, dan memudahkan proses perizinan. Sehingga perlu dipersiapkan nama yang unik. Berikut prosedur pengajuan nama dari PT; 

Pengajuan Nama PT dilakukan dengan disampaikan oleh Pemohon kepada Menteri sebelum Perseroan didirikan atau sebelum perubahan anggaran dasar mengenai Nama Perseroan dilakukan (Pasal 3 angka 1 PP No. 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas) dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Ditulis dengan huruf latin; 
  2. Belum dipakai secara sah oleh PT lain atau tidak sama pada pokoknya dengan Nama PT lain; 
  3. Tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan; 
  4. Tidak sama atau tidak mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapat izin dari lembaga yang bersangkutan; 
  5. Tidak terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata; 
  6. Tidak mempunyai arti sebagai PT, badan hukum, atau persekutuan perdata; tidak hanya menggunakan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha sebagai Nama PT; dan 
  7. Sesuai dengan maksud dan tujuan serta kegiatan usaha PT, dalam hal maksud dan tujuan serta kegiatan usaha akan digunakan sebagai bagian dari Nama PT

Baca juga: Perhatikan Syarat Ini Dulu Sebelum Memilih Nama PT Anda.

Nantinya persetujuan akan disampaikan oleh Menteri secara elektronik kepada Pemohon dalam jangka waktu paling lambat 3 hari kerja terhitung sejak tanggal pengajuan diterima dan persetujuan tersebut harus dicantumkan dalam akta pendirian perseroan, berikut tata cara pembuatan Akta Pendirian.

Pembuatan akta pendirian perseroan wajib didirikan oleh dua orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam Bahasa Indonesia, yang berisi (Pasal 8 UU PT): 

  1. Anggaran dasar yang sekurang-kurangnya memuat;
    1. nama dan tempat kedudukan Perseroan; 
    2. maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan; 
    3. jangka waktu berdirinya Perseroan; 
    4. besarnya jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor; 
    5. jumlah saham, klasifikasi saham apabila ada berikut jumlah saham untuk tiap klasifikasi, hak-hak yang melekat pada setiap saham, dan nilai nominal setiap saham; 
    6. nama jabatan dan jumlah anggota Direksi dan Dewan Komisaris; 
    7. penetapan tempat dan tata cara penyelenggaraan RUPS; 
    8. tata cara pengangkatan, penggantian, pemberhentian anggota Direksi dan Dewan Komisaris; 
    9. tata cara penggunaan laba dan pembagian dividen. 
  2. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, dan kewarganegaraan pendiri perseorangan, atau nama, tempat kedudukan dan alamat lengkap serta nomor dan tanggal Keputusan Menteri mengenai pengesahan badan hukum dari pendiri Perseroan;
  3. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, kewarganegaraan anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang pertama kali diangkat; 
  4. Nama pemegang saham yang telah mengambil bagian saham, rincian jumlah saham, dan nilai nominal saham yang telah ditempatkan dan disetor. 

Syarat Pendirian PT 2023

Untuk memastikan PT didirikan secara sah dan dapat beroperasi secara hukum berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendiri PT (UU 40/2007 tentang PT); 

  1. Memiliki minimal 2 pendiri atau lebih yang dapat berupa orang perorangan atau badan hukum
  2. Memiliki akta pendirian yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  3. Para pendiri harus menyepakati anggaran dasar PT yang berisi informasi mengenai nama, maksud dan tujuan, tempat kedudukan, jangkauan usaha, modal dasar, dan jumlah saham yang diterbitkan serta besarnya nilai nominalnya
  4. Memiliki susunan pengurus yang jelas dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  5. Memiliki bukti penyetoran modal dasar minimal 25% dari modal dasar harus disetor dan ditempatkan pada saat pendirian PT.

Prosedur Pendirian PT 2023 

Penetapan Perseroan

Pada tahap ini, calon pendiri PT harus menentukan jenis perseroan yang akan didirikan, yaitu PT atau PT PMA (Penanaman Modal Asing). PT PMA harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Perdagangan. (Pasal 1 ayat 2 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas).

Pengajuan Permohonan kepada Menteri

Perseroan persekutuan modal meliputi pendiri bersama-sama atau direksi Perseroan yang telah memperoleh status badan hukum atau likuidator Perseroan bubar atau kurator Perseroan pailit yang memberikan kuasa kepada notaris melakukan permohonan pendaftaran pendirian (Pasal 3 Permenkumham 21/2021)

Penetapan Notaris

Setelah jenis perseroan ditentukan, calon pendiri PT harus menetapkan notaris yang akan membantu dalam pembuatan akta pendirian PT. Notaris akan mempersiapkan dokumen-dokumen penting, termasuk akta pendirian PT.

Modal Dasar

Calon pendiri PT harus membayar modal dasar perusahaan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Besaran modal PT Persekutuan Modal ditentukan berdasarkan keputusan pendiri PT serta wajib untuk menempatkan dan menyetor penuh 25% dari modal dasarnya. Untuk PT Persekutuan Modal, bukti penyetoran yang sah wajib disampaikan secara elektronik kepada Menkumham dalam waktu paling lama 60 hari terhitung sejak tanggal akta pendirian\ (Pasal 4 PP No 8/2021). 

Pembuatan Akta Pendirian 

Pendirian Perseroan persekutuan modal dilakukan oleh pemohon melalui notaris dengan mengisi format isian pendirian secara elektronik melalui SABH yang memuat: 

  1. pernyataan secara elektronik dari pemohon tentang dokumen untuk pendirian Perseroan yang telah lengkap; 
  2. salinan akta pendirian Perseroan yang diunggah ke SABH; 
  3. minuta akta pendirian Perseroan atau minuta akta perubahan pendirian Perseroan; 
  4. minuta akta peleburan dalam hal pendirian Perseroan dilakukan dalam rangka peleburan; 
  5. bukti setor modal Perseroan berupa:

Menteri akan menerbitkan sertifikat pendaftaran badan hukum Perseroan melalui elektronik dan  Pemohon mencetak sertifikat pendaftaran badan hukum Perseroan secara mandiri menggunakan kertas berwarna putih ukuran F4/folio. (Pasal 5 Permenkumham 21/2021).

Pengesahan Akta Pendirian

Setelah akta pendirian selesai dipersiapkan, calon pendiri PT harus mengajukan pengesahan akta pendirian ke Kementerian Hukum dan HAM. Kementerian Hukum dan HAM akan memeriksa dan menyetujui akta pendirian jika semua persyaratan telah terpenuhi. (Pasal 10 ayat (1) UU PT).

Biaya Pendirian PT 2023

Biaya pendirian PT Persekutuan Modal di tahun 2023 melalui Smartlegal.id menyesuaikan dengan Paket yang diambil, sebagai berikut: 

  1. Jasa Pendirian PT Mudah 
    SmartLegal.id akan mendampingi dan memberikan konsultasi hukum kepada Anda mengenai pendirian PT. Pada paket ini proses pendirian PT  Anda berlangsung 5 hari kerja seharga Rp5.500.000,-.
  1. Jasa Pendirian PT Cepat
    SmartLegal.id akan mendampingi dan memberikan konsultasi hukum kepada Anda mengenai pendirian PT. Pada paket ini proses pendirian PT Anda berlangsung 3 hari kerja dengan seluruh keuntungan dan layanan secara lengkap seharga Rp14.899.0000,-.

Pendirian PT 2023 jadi lebih mudah kalau menghubungi Smartlegal.id. Klik tombol di bawah biar bisnis Anda bisa punya PT!

Author: Revaganesya

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY