Tips Bisnis Pemula: 4 Keuntungan PT Perorangan Daripada PT Biasa

Smartlegal.id -
tips bisnis pemula

“Tips bisnis pemula bisa memulai bisnis dengan PT perorangan terlebih dahulu karena sudah dianggap sebagai badan hukum seperti PT yang didirikan oleh 2 orang atau lebih”

Pengusaha yang baru merintis atau masih pemula saat ini diberikan kemudahan untuk mengurus legalitas. Salah satunya dengan dapat mendirikan perseroan perorangan atau sering disebut sebagai PT Perorangan.

Perseroan perorangan atau PT Perorangan adalah Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan hukum perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil (Pasal 1 angka 1 PP 8/2021). 

Karena badan hukum perorangan, maka hanya terdapat 1 pemegang saham saja yang sekaligus berperan sebagai Direksi (Pasal 9 PP 8/2021). Apabila pemegang sahamnya telah lebih dari 1, maka wajib mengubah statusnya menjadi PT Biasa ( Pasal 17 Permenkumham 21/2021).

Dari penjelasan tersebut PT Perorangan hanya dapat didirikan apabila usahanya termasuk kriteria Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Adapun kriteria UMK ditentukan sebagai berikut (Pasal 35 PP 7/2021):

  1. usaha mikro memiliki modal usaha sampai dengan paling banyak Rp1 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha;
  2. usaha kecil memiliki modal usaha lebih dari Rp1 miliar sampai dengan paling banyak Rp5 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Baca juga: PP UMKM SAH! Ini Kriteria UMKM Yang Baru

Meskipun masih bagian dari PT, PT Perorangan memiliki kelebihan tersendiri yang berbeda dari PT Biasa. Sehingga bisa menjadi tips kepada bisnis pemula untuk mendirikan PT Perseorangan. 

Pengendalian Penuh

Kelebihan pertama dari perseroan perorangan adalah pemilik tunggal memiliki pengendalian penuh atas seluruh operasi dan keputusan bisnis. Ini memungkinkan pemilik untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki bisnis tanpa harus berkonsultasi dengan pemegang saham atau rekan bisnis.

Kemudahan Pendirian

Perseroan perorangan adalah bentuk usaha yang relatif mudah dan murah untuk didirikan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan pembagian saham atau menyiapkan dokumen-dokumen legal yang kompleks. Prosedur pembuatan perusahaan perorangan relatif sederhana dan dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Prosedur, Syarat, & Biaya Pendirian PT Perorangan 2023

Fleksibilitas

Perseroan perorangan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal manajemen dan pengelolaan perusahaan. Pemilik tunggal dapat membuat keputusan bisnis dengan cepat dan mengubah strategi jika diperlukan tanpa harus berkonsultasi dengan pemegang saham atau rekan bisnis.

Keuntungan Penuh

Sebagai pemilik tunggal, Anda akan menerima seluruh keuntungan bisnis. Anda tidak perlu berbagi keuntungan dengan pemegang saham lain, seperti yang terjadi dalam perusahaan berbentuk kemitraan atau korporasi. Anda juga dapat menentukan gaji dan tunjangan Anda sendiri tanpa harus berbagi dengan rekan bisnis.

Secara keseluruhan, PT perorangan adalah pilihan yang baik bagi calon pengusaha yang ingin memulai bisnis mereka sendiri dengan biaya yang relatif murah dan prosedur yang sederhana. 

Meskipun demikian, sebelum memutuskan untuk memulai bisnis, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda untuk memilih bentuk usaha yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis Anda.

Sudah siap mendirikan PT Perorangan Anda sendiri? Hubungi saja kami akan bantu mengurusnya sampai izin usahanya terbit! Klik tombol di bawah ini dan akan segera Smartlegal.id bantu!

Author: Dwiki Julio 

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY