Berapa Biaya Pendirian PT Untuk Bisnis Baru Tahun 2023?

Smartlegal.id -
Biaya Pendirian PT

“Biaya pendirian PT untuk para pengusaha yang sedang membangun bisnis baru di tahun 2023, berikut prosedur dan biayanya”

Memulai bisnis dengan menggunakan Perseroan Terbatas (PT) merupakan langkah pertama dalam upaya mengembangkan usaha. 

Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh sebuah perusahaan ketika berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Salah satunya adalah meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan, yang berdampak pada kepercayaan yang lebih besar dari pihak lain dan membantu dalam menjalin hubungan bisnis.

Perseroan Terbatas (PT) sendiri merupakan badan hukum yang berupa persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini serta peraturan pelaksanaannya (Pasal 1 angka 1 UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT).

Pada ketentuan pendirian PT terbaru yang tertera pada UU Cipta Kerja, Terdapat dua jenis PT yang dapat Anda pilih, yaitu:

  1. PT Persekutuan Modal/PT Biasa
    PT Persekutuan Modal, atau sering disebut sebagai PT Biasa, merupakan entitas hukum yang didirikan melalui perjanjian dan beroperasi dengan modal dasar yang terbagi dalam saham.
  2. PT Perorangan
    PT perorangan atau PT UMK (Usaha Mikro Kecil) adalah entitas hukum perorangan yang memenuhi persyaratan UMK sesuai dengan ketentuan undang-undang yang mengatur UMK. PT jenis ini hanya dapat didirikan oleh pelaku usaha yang memenuhi kriteria UMK.

Dari kedua jenis PT tersebut, tentunya memiliki perbedaan dalam prosedur dan biaya pendiriannya agar diakui sebagai badan hukum. Berikut ini akan diuraikan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dan estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk mendirikan PT Persekutuan Modal.

Baca juga: Syarat, Prosedur, & Biaya Pendirian PT 2023

Prosedur Pendirian PT Persekutuan Modal

Pendirian PT Biasa tentu saja harus melewati proses yang panjang. Hal ini dikarenakan proses verifikasi PT melibatkan berbagai tahapan yang penting untuk memastikan keabsahan dan keberlanjutan perusahaan. Prosedur yang harus dilewati untuk mendirikan PT Biasa antara lain:

  1. Penetapan Jenis Perseroan
    Pada tahap ini, calon pendiri PT perlu memilih jenis perseroan yang akan didirikan, yaitu PT Biasa atau PT PMA (Penanaman Modal Asing). Untuk mendirikan PT PMA, diperlukan persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Perdagangan (Pasal 1 ayat 2 UU PT).
  2. Pengajuan Permohonan Kepada Menteri
    Perseroan persekutuan modal mencakup pendiri bersama atau direksi yang sudah memiliki status badan hukum, likuidator saat Perseroan dibubarkan, atau kurator saat Perseroan mengalami pailit. Mereka diberi wewenang untuk mengajukan permohonan pendaftaran pendirian ke notaris (Pasal 3 Permenkumham 21/2021)
  3. Penetapan Notaris
    Setelah menentukan jenis perseroan, calon pendiri PT perlu memilih notaris yang akan membantu dalam proses pembuatan akta pendirian PT. Notaris akan bertanggung jawab untuk menyusun dokumen-dokumen penting, termasuk akta pendirian PT.
  4. Penetapan Modal Dasar
    Calon pendiri PT harus membayar modal dasar perusahaan sesuai kesepakatan yang telah dibuat. Modal PT Persekutuan Modal ditentukan oleh para pendiri PT dan harus disetor penuh sebesar 25% dari modal dasar. Bagi PT Persekutuan Modal, bukti penyetoran yang sah harus disampaikan secara elektronik kepada Kementerian Hukum dan HAM dalam waktu 60 hari sejak tanggal pembuatan akta pendirian (Pasal 4 PP No 8/2021).
  5. Pembuatan Akta Pendirian
    Pendirian Perseroan persekutuan modal dilakukan oleh pemohon melalui notaris dengan mengisi formulir pendirian secara elektronik melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH). Proses ini melibatkan langkah-langkah seperti:
    • pernyataan secara elektronik dari pemohon tentang dokumen untuk pendirian Perseroan yang telah lengkap;  
    • salinan akta pendirian Perseroan yang diunggah ke SABH;  
    • minuta akta pendirian Perseroan atau minuta akta perubahan pendirian Perseroan;  
    • minuta akta peleburan dalam hal pendirian Perseroan dilakukan dalam rangka peleburan;  
    • bukti setor modal Perseroan.

Setelahnya, Menteri akan mengeluarkan sertifikat pendaftaran badan hukum Perseroan secara elektronik, dan pemohon dapat mencetak sertifikat tersebut secara mandiri menggunakan kertas berwarna putih ukuran F4/folio (Pasal 5 Permenkumham 21/2021).

  1. Pengesahan Akta Pendirian
    Setelah proses penyusunan akta pendirian selesai, calon pendiri PT harus mengajukan permohonan pengesahan akta pendirian ke Kementerian Hukum dan HAM. Kementerian Hukum dan HAM akan melakukan pemeriksaan dan memberikan persetujuan atas akta pendirian jika semua persyaratan telah terpenuhi sesuai dengan Pasal 10 ayat (1) UU PT.

Biaya Pendirian PT Persekutuan Modal Terbaru 2023

Selain daripada prosedurnya yang panjang dan memerlukan keahlian khusus agar sesuai dengan peraturan yang berlaku, pendirian PT Persekutuan Modal/PT Biasa juga cenderung memakan biaya yang besar. 

Baca juga: Bisnis Baru Mulai, Mending Mana PT Atau CV?

Namun tidak perlu khawatir, SmartLegal.id dapat membantu pelaku usaha untuk mendirikan perseroan miliknya dengan biaya terjangkau dan tentu saja berkompeten. Biaya yang diperlukan untuk pendirian PT Persekutuan Modal pada tahun 2023 melalui Smartlegal.id akan disesuaikan dengan paket yang dipilih. Berikut adalah rincian paket yang tersedia:

  1. Jasa Pendirian PT Mudah
    SmartLegal.id akan memberikan pendampingan dan konsultasi hukum kepada Anda dalam proses pendirian PT. Dalam paket ini, pendirian PT Anda akan diselesaikan dalam waktu 5 hari kerja dengan biaya promo sejak bulan Mei 2023 sebesar Rp5.500.000,-.
  2. Jasa Pendirian PT Cepat
    SmartLegal.id akan memberikan bimbingan dan konsultasi hukum kepada Anda dalam proses pendirian PT. Dalam paket ini, pendirian PT Anda akan diselesaikan dalam waktu 3 hari kerja dengan semua manfaat dan layanan yang lengkap, dengan biaya sebesar Rp14.899.000,-.

Pendirian PT di tahun 2023 menjadi lebih praktis dan terjangkau dengan layanan dari Smartlegal.id. Klik tombol di bawah ini untuk memulai proses pendirian PT dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya!

Author: Ruth Rotua Agustina

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY