Mending Daftar Merek Atas Nama Pribadi atau PT Ya?

Smartlegal.id -
Mending Daftar Merek Atas Nama Pribadi atau PT

Salah satu pertimbangannya, apakah merek ini akan menjadi aset PT atau aset pribadi.

Lebih baik mana melakukan daftar merek atas nama pribadi atau dengan Perseroan Terbatas (PT)? Pertanyaan itu jadi salah satu yang banyak ditanyakan dari pelaku bisnis terkait pendaftaran merek.

Nah, jawaban dari pertanyaan itu ternyata kembali pada visi pelaku bisnis itu sendiri. Pelaku bisnis perlu memahami bentuk dan tujuan bisnisnya terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan itu. Karena pendaftaran merek yang dilakukan dengan perorangan maupun dalam bentuk PT memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pelaku bisnis yang menjalankan bisnisnya dengan berpartner, maka pendaftaran merek umumnya dilakukan atas nama PT. Hal itu untuk mencegah terjadinya konflik karena kepemilikan merek hanya dimiliki oleh satu orang. Selain itu, apabila merek menjadi aset perusahaan, maka ketika valuasi merek naik, maka valuasi perusahaan juga akan naik. Contohnya seperti banyak perusahaan rintisan yang bahkan sudah menjadi Unicorn (Gojek, Bukalapak dan lainnya).

 

Artikel Terkait : Ini Syarat dan Prosedur Pendaftaran Merek Bagi PT

 

Jika belum berbadan PT, melakuakn daftar merek atas nama pribadi juga tidak jadi soal. Jika sudah mendirikan PT, merek tetap dapat dialihkan ke PT. Memiliki merek atas nama pribadi juga memberikan keuntungan pada pemiliknya karena hak ekonomi terhadap merek tetap melekat kepada pribadi pemiliknya.

Sehingga, jika bisnis berkembang, brand makin dikenal luas, valuasi merek pun juga akan naik dan memberikan nilai tambah bagi pemilik merek tersebut.

Apapun pilihannya, mendaftarkan merek sejak awal bisnis berjalan lebih baik dari pada terlambat mendaftarkan mereknya. Karena terdapat tiga kerugian ketika telat mendaftarkan merek, parahnya bisa sampai memulai dari awal lagi strategi branding bisnisnya. Jadi lebih baik mendaftarkan merek Anda sesegera mungkin.

Anda bingung mengurus pendaftaran merek? Konsultasikan dulu dengan Smartlegal.id. melalui tombol dibawah ini.

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY