Bisnis Minuman Herbal: Daftarkan Merek Dengan Memilih Kelas Merek Ini

Smartlegal.id -
Minuman Herbal

“Minuman herbal kalau mau daftar merek pastikan jangan sampai memilih kelas merek yang salah. Kalau salah kelas mereknya bisa perlindungan mereknya gak maksimal”

Prilly Latuconsina artis muda dan berbakat yang ternyata juga punya bisnis minuman jus herbal loh nama produknya adalah Slimilly By Prilly Latuconsina. Ada yang pernah nyoba? Atau ada yang bisnisnya sama?

Kalau bisnis Anda sama yang menjual produk berupa minuman herbal, berarti Anda harus segera daftarkan merek Anda ya! Karena pendaftaran merek merupakan perlindungan secara hukum terhadap merek Anda. 

Jadi, pastinya bakal aman kalau ada yang coba-coba pakai nama merek Anda tanpa izin. Ketika mendaftarkan merek untuk minuman herbal akan ada pemilihan klasifikasi merek atau kelas merek. 

Pentingnya Mengetahui Klasifikasi Merek

Sistem klasifikasi merek digunakan untuk mengelompokkan produk atau jasa yang dilindungi oleh merek ke dalam kelas merek tertentu.

Di Indonesia sendiri, sistem kelas merek yang digunakan mengacu pada NICE Classification (NCL ver.11), yang terdiri dari 45 kelas merek dengan cakupan barang dan jasa yang berbeda-beda. 

Baca juga: Mau Daftar Merek? Pahami Dulu Kelas Merek Biar Ga Ditolak DJKI!

Menurut Pasal 4 ayat (2) huruf f UU MIG, permohonan pendaftaran merek harus diajukan dalam bahasa Indonesia, baik secara elektronik maupun nonelektronik, dan mencantumkan kelas barang dan/atau jasa serta uraian jenis barang dan/atau jasa yang dilindungi oleh merek.

Mengetahui kelas merek sangat penting dalam proses pendaftaran dan pengawasan merek, berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk mengetahui kelas merek:

  1. Memudahkan proses pendaftaran merek
    Pemohon dapat memastikan perlindungan optimal bagi merek yang didaftarkan dan kelancaran proses pendaftaran dengan mengetahui kelas merek yang tepat.
  1. Mencegah bentrokan karena kesamaan merek
    Dengan mengetahui kelas merek yang tepat, pemohon dapat memastikan bahwa merek yang didaftarkan tidak akan bertabrakan dengan merek yang telah ada.
  1. Meningkatkan pengawasan merek
    Dengan mengetahui kelas merek, DJKI dapat memastikan bahwa merek yang dilindungi sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ditentukan dalam kelas merek.
  1. Memperkuat perlindungan hukum
    Dengan mengetahui kelas merek yang tepat, pemohon dapat memastikan bahwa merek yang didaftarkan dilindungi secara optimal dan dapat melindungi merek dari tindakan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Baca juga: 4 Keuntungan Ini, Bikin Kamu Harus Banget Daftar Merek!

Untuk bisnis minuman herbal berikut beberapa kelas merek yang bisa Anda pilih ketika mendaftarkan merek:

Kelas 5 

Untuk merek yang melekat pada produk atau yang digunakan untuk produk berupa Minuman kesehatan/energy drink, makanan dan minuman untuk kesehatan.

Kelas 30

Untuk merek yang melekat pada produk atau yang digunakan untuk produk berupa Campuran minuman berbahan dasar teh, Campuran minuman berbahan dasar teh herbal, Minuman berbahan dasar teh termasuk teh hitam -, teh hijau-, dan minuman berbahan dasar teh oolong, minuman berbahan dasar teh, Minuman berbahan dasar teh dan teh herbal, minuman berbahan dasar teh dengan beraroma/ berasa bunga, minuman teh, Minuman teh dengan atau tanpa susu, Minuman teh krisan, sediaan [berbahan dasar teh] untuk membuat minuman.

Kelas 32

Untuk merek yang melekat pada produk atau yang digunakan untuk produk berupa Bir; air mineral dan air soda dan minuman lain yang tidak beralkohol; minuman dan jus buah-buahan; sirup dan sediaan lain untuk membuat minuman

Penting untuk mengetahui kelas merek yang sesuai sebelum mendaftarkan merek jus diet ataupun minuman herbal kamu! Dengan mengetahui kelas merek yang sesuai, akan memastikan bahwa merek yang didaftarkan terlindungi dengan baik, sehingga mampu melindungi hak kekayaan intelektual dan menghindari pelanggaran merek.

Jika masih mengalami kesulitan dan ingin mengetahui bagaimana cara mendaftarkan merek, Anda dapat mempercayakannya kepada kami! Silakan hubungi Smartlegal.id melalui tombol yang tersedia di bawah ini.

Author: Ruth Rotua Agustina

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY