Pivot Bisnis: Perlukah Merubah Anggaran Dasar?

Smartlegal.id -
Pivot Bisnis

“Perusahaan yang melakukan pivot bisnis apakah wajib merubah anggaran dasar dan mengurus NIB lagi?.”

Pivot bisnis adalah perubahan strategis yang signifikan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam model bisnisnya. 

Pivot bisnis dapat melibatkan perubahan dalam beberapa aspek perusahaan, seperti produk atau layanan yang ditawarkan, target pasar yang dituju, model pendapatan, sumber daya yang digunakan, atau strategi operasional. 

Tujuan dari bisnis pivot adalah untuk mengatasi tantangan yang ada, memanfaatkan peluang baru, atau mengikuti perubahan dalam pasar dan industri.

Ketika sebuah perusahaan melakukan pivot bisnis yang melibatkan perubahan signifikan dalam model bisnis, produk atau layanan yang ditawarkan, atau segmen pasar yang dituju, sering kali akan ada perubahan yang terkait dengan KBLI yang digunakan. Perusahaan perlu mengevaluasi kembali dan memutakhirkan klasifikasi KBLI mereka sesuai dengan aktivitas utama baru yang mereka lakukan atau tidak.

Baca juga: Anggaran Dasar Perusahan: Cara Pembuatan Anggaran Dasar PT 2023

Misalnya, jika sebuah perusahaan yang awalnya berfokus pada produksi tekstil memutuskan untuk beralih ke industri makanan dan minuman, perubahan ini akan mempengaruhi KBLI yang mereka gunakan. 

Perusahaan akan perlu mengubah atau menyesuaikan KBLI mereka agar sesuai dengan aktivitas baru yang dilakukan dalam industri makanan dan minuman.

Ketika sebuah perusahaan melakukan pivot yang melibatkan perubahan fundamental dalam model bisnisnya, seringkali diperlukan perubahan dalam anggaran dasar perusahaan sebagai konsekuensinya. 

Seperti yang kita ketahui, anggaran dasar adalah bagian dari Akta pendirian yang berisi peraturan yang mengatur Perseroan Terbatas. Anggaran dasar ini menetapkan hak dan kewajiban bagi Perseroan Terbatas, pemegang saham, dan pengurus (Pasal 15 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT)). 

Sebagai entitas hukum, sebuah bisnis seperti PT pasti akan terus mengalami kemajuan yang berkelanjutan untuk mencapai kinerja yang optimal. Kemajuan ini bisa terjadi dalam berbagai aspek dan berpotensi mengakibatkan perubahan pada anggaran dasar perusahaan tersebut.

Perubahan anggaran dasar diperlukan dalam beberapa situasi saat melakukan pivot bisnis, seperti:

  1. Perubahan tujuan perusahaan
    Jika pivot bisnis melibatkan perubahan tujuan perusahaan, misalnya dari fokus pada satu industri ke industri yang berbeda, perubahan tersebut perlu tercermin dalam anggaran dasar.
  2. Perubahan struktur perusahaan
    Jika pivot bisnis mengharuskan perubahan dalam struktur perusahaan, seperti menggabungkan divisi atau menciptakan unit bisnis baru, maka anggaran dasar perusahaan mungkin perlu dimodifikasi.
  3. Perubahan hak pemegang saham
    Jika pivot bisnis melibatkan perubahan hak pemegang saham, seperti memberikan hak istimewa kepada pemegang saham baru, maka perubahan tersebut harus diatur dalam anggaran dasar.
  4. Perubahan mekanisme pengambilan keputusan
    Jika pivot bisnis mempengaruhi mekanisme pengambilan keputusan dalam perusahaan, misalnya dengan memperkenalkan struktur manajemen baru atau mengubah hak suara pemegang saham, anggaran dasar perlu disesuaikan.

Perubahan anggaran dasar akan melibatkan proses formal, seperti persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) atau prosedur lain sesuai dengan hukum yang berlaku. 

Baca juga:  Ini Alasan PT Perlu Perubahan Anggaran Dasar

Setelah melewati proses perubahan anggaran dasar melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hingga mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, jenis usaha baru yang telah disesuaikan dalam pivot bisnis harus didaftarkan kembali melalui OSS (Online Single Submission) sesuai dengan KBLI untuk memperoleh NIB dan izin usaha yang sesuai dengan tingkat risiko usahanya.

Dengan demikian, perusahaan perlu mengikuti prosedur dan persyaratan yang ditetapkan oleh OSS serta memastikan bahwa KBLI yang dipilih sesuai dengan jenis usaha baru yang akan dijalankan setelah pivot bisnis. 

Melalui proses ini, perusahaan dapat memperoleh NIB yang valid untuk melanjutkan operasionalnya dengan memperhitungkan risiko usaha yang baru.

Apakah Anda sedang memikirkan untuk mengubah anggaran dasar perusahaan Anda? Jika ya, Smartlegal.id dapat memberikan bantuan dalam proses tersebut. Silakan klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami dan mendapatkan bantuan yang Anda perlukan!

Author: Ruth Rotua Agustina

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY