Ini Dia! Tips dan Trik Menentukan KBLI 2020 pada OSS RBA

Smartlegal.id -
kbli oss

Dalam proses mendapatkan perizinan usaha, penentuan KBLI pada oss merupakan faktor penting yang harus diperhatikan bagi pelaku usaha.

Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengkategorikan aktivitas atau kegiatan usaha di Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha atau bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan usaha yang menghasilkan produk atau output baik berupa barang maupun jasa. 

Dalam rangka memberikan kemudahan bagi pelaku usaha menentukan kategori bidang usaha yang akan dijalankan di Indonesia, pada tahun 2020, pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Sehingga, KBLI yang berlaku saat ini di Indonesia adalah KBLI 2020. Cek daftar kbli 202 terbaru disini.

Baca juga: Wajib tahu! Gunakan KBLI 2020 Untuk Mengurus Izin Pada OSS-RBA 

Lalu, bagaimana cara pelaku usaha menentukan KBLI yang tepat baginya?

  1. Pelaku usaha dapat mengunjungi laman resmi OSS di https://oss.go.id;
  2. Lalu klik bagian informasi dan pilih Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020;
  3. Kemudian pada layar anda akan muncul kategori KBLI dari huruf A sampai U yang merupakan jenis KBLI berdasarkan golongan usaha anda. Dalam tampilan yang sama, anda dapat menggunakan fitur “pencarian” dan menulis kata kunci dari kegiatan usaha anda;
  4. Setelah menentukan golongan usaha yang tepat sesuai dengan hurufnya, anda dapat memilih turunan KBLI 2 digit yang sesuai dari golongan usaha sesuai dengan hurufnya;
  5. Selanjutnya, anda dapat memilih turunan KBLI 3 digit yang sesuai dengan golongan usaha anda;
  6. Lebih lanjut, anda dapat memilih turunan KBLI 4 digit yang menunjukkan opsi kegiatan usaha anda secara lebih detail;
  7. Lalu anda akan menemukan KBLI 5 digit yang sesuai dengan kegiatan usaha anda. Pada KBLI 5 digit ini, anda dapat menemukan uraian dan ruang lingkup kegiatan usaha.
  8. Terakhir anda masih harus melihat ruang lingkup pada KBLI 5 digit guna menentukan cakupan kegiatan usaha yang sesuai dengan kegiatan usaha anda. Karena, persyaratan perizinan berusaha yang harus anda penuhi disesuaikan dengan ruang lingkup yang tertera pada KBLI 5 digit tersebut.

Pada ruang lingkup KBLI 5 digit ini memuat informasi tentang:

  1. Skala usaha;
  2. Luas lahan;
  3. Tingkat risiko;
  4. Perizinan berusaha yang harus dipenuhi;
  5. Jangka waktu permohonan perizinan berusaha;
  6. Masa waktu perizinan berusaha;
  7. Parameter tertentu yang ditetapkan; dan
  8. Pemerintah yang berwenang untuk menangani perizinan berusaha tersebut.

Selain itu, terdapat persyaratan perizinan berusaha, jangka waktu pemenuhan persyaratan, kewajiban perizinan berusaha dan jangka waktu pemenuhan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Fungsi Sertifikat Standar Dalam Perizinan Di OSS-RBA 

Sebagai contoh, jika anda ingin mengurus perizinan usaha konstruksi gedung perkantoran, maka anda memilih kategori huruf F tentang Konstruksi. Selanjutnya, anda akan memilih turunan KBLI 2 digit yakni KBLI nomor 41 tentang Konstruksi Gedung. Lalu, anda akan memilih turunan KBLI 3 digit yakni KBLI nomor 410 tentang Konstruksi Gedung. Disini, anda dapat memilih turunan KBLI 4 digit yakni KBLI nomor 4101 tentang Konstruksi Gedung, kemudian memilih KBLI 5 digit yakni nomor 41012 tentang Konstruksi Gedung Perkantoran.

Pada KBLI 41012 Gedung Perkantoran ini anda harus memastikan kembali cakupan kegiatan usaha anda karena, terdapat dua kelompok dalam ruang lingkup KBLI 41012, diantaranya

  1. Kelompok usaha pembangunan, pemeliharaan, pembongkaran dan/atau pembangunan kembali bangunan gedung perkantoran; dan
  2. Kelompok usaha rancang bangun konstruksi untuk gedung perkantoran.

Anda ingin mengajukan pendaftaran perizinan berusaha tapi bingung menentukan KBLI pada OSS RBA? Yuk langsung hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini!

Author: Alyssa Salsabila

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY