Liverpool Mau Dijual, Tertarik Beli? Perhatikan Ketentuannya Ya!

Smartlegal.id -
liverpool dijual

“Liverpool kabarnya mau dijual setelah FSG memberikan keterangan tidak keberatan jika ada pihak ketiga yang ingin membeli saham Liverpool”

Raksasa Premier League, Liverpool, kabarnya siap ditawarkan untuk dijual setelah Fenway Sports Group (FSG) mengaku siap ‘mempertimbangkan’ pemegang saham baru.

Sebelumnya LIverpool telah dikuasai oleh salah satu perusahaan Amerika, yaitu Fenway Sports Group (FSG) sejak oktober 2010.

FSG kabarnya mematok harga 4 miliar poundsterling bagi yang mau membeli saham Liverpool. Anda berminat? 

Dilansir dari gov.uk, Klub Sepakbola Liverpool merupakan Perseroan Terbatas yang bergerak dibidang pengoperasian fasilitas olahraga. Perusahaan klub sepakbola ini didirikan sejak 26 Januari 1892.

Apabila Klub Sepakbola Liverpool jadi dijual, maka kepemilikan dari perusahaan ini akan berpindah sesuai perjanjian yang ditentukan baik sebagian ataupun seluruhnya.

Jual-beli perusahaan yang dimaksud adalah jual-beli perusahaan melalui saham. Dengan begitu kepemilikan atas suatu perusahaan akan bergantung pada seberapa besar modal yang akan disetor oleh pemilik modal kepada perusahaan. 

Baca  juga: Jangan Tertukar! Ini Beda Akuisisi Melalui Direksi dengan Pemegang Saham

Hal ini dikarenakan modal perusahaan nantinya akan terbagi menjadi saham. Setiap saham perusahaan yang akan dibeli oleh investor nantinya merupakan tanda penyertaan modalnya kepada perusahaan, sehingga pembelian saham perusahaan menandakan pengambilalihan sebagian kepemilikan perusahaan oleh investor.

Menurut hukum di Indonesia jual-beli saham dapat dilakukan dengan persyaratan adanya persetujuan RUPS bila disyaratkan dalam Anggaran Dasar perusahaan (Pasal 57 ayat (1) huruf b UU No. 40/2007). 

Selanjutnya, jual-beli saham perusahaan harus dilakukan dengan akta untuk mencatatkan pemindahan hak atas saham (Pasal 56 ayat (1) UU No. 40/2007). Direksi wajib mencatat pemindahan hak atas saham tersebut dalam daftar pemegang saham dan memberitahukan perubahan susunan pemegang saham perusahaan kepada Menteri (Pasal 56 ayat (3) UU No. 40/2007)

Dengan dibelinya saham perusahaan oleh investor terdapat hak istimewa yang akan diterima investor sebagai pemilik perusahaan, diantaranya: Hak untuk menghadiri dan mengeluarkan suara dalam RUPS; Hak untuk menerima pembayaran dividen dan sisa kekayaan hasil likuidasi; dan hak untuk menjalankan hak lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan (Pasal 52 ayat (1) UU No. 40/2007).

Menurut legal associate BP Lawyers, Almira Almania Husna, perusahaan yang akan menjual saham perusahaannya harus memperhatikan ketentuan Anggaran Dasar perusahaan terlebih dahulu untuk memeriksa terkait prosedur internal yang harus dipenuhi, serta peraturan terkait, seperti misalnya PT Tbk. atau BUMN yang terdapat peraturan sektoral lebih khusus, sebelum akhirnya memutuskan menjual saham perusahaannya ke pihak lain.

Termasuk, dalam hal terdapat perjanjian kredit oleh perusahaan yang akan menjual sahamnya, sebagai pihak penjual, perusahaan perlu meminta persetujuan ataupun memberitahukan terlebih dahulu kepada kreditornya, sebelum memutuskan menjual saham perusahaannya.

Baca juga: Ramai! Berebut Akuisisi Chelsea Ini Ketentuannya

Sedangkan untuk pihak yang akan membeli saham perusahaan, menurutnya, pihak pembeli harus melakukan due diligence terhadap perusahaan yang saham akan dibeli. Hal ini dimaksudkan untuk memeriksa keadaan perusahaan baik dari segi hukum, keuangan, dan lainnya. 

Dalam melakukan perjanjian jual-beli saham menurutnya penting pula untuk memastikan telah terpenuhinya syarat-syarat sahnya perjanjian sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata, baik syarat subjektif maupun objektif. 

Anda butuh masukan terkait akuisisi perusahaan atau mau urus legalitas usaha lainnya? Tak perlu bingung. Serahkan saja kepada kami. Langsung hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini!
Author: Rizkya Kinanti Nastiti

Editor: Dwiki Julio 

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

Ketahui-Lima-Hal-Ini-Sebelum-Mendirikan-Usaha-Fintech
Ketahui Lima Hal Ini Sebelum Mendirikan Usaha Fintech
4 Tips Bagi Pengusaha Untuk Survive
4 Tips Bagi Pengusaha Untuk Survive Saat Pandemi Virus Corona
RUPS PT Terbuka
Wajib Tahu! Sebelum Menyelenggarakan RUPS Bagi PT Terbuka Perhatikan 3 Hal Ini Dulu
Lima-Alasan-Memilih-Bentuk-Usaha-Perseroan-Terbatas
Lima Alasan Memilih Bentuk Usaha Perseroan Terbatas
Ingin Mendaftarkan Pembubaran CV Berikut Prosedurnya
Ingin Mendaftarkan Pembubaran CV? Berikut Prosedurnya

PENDAFTARAN MERK

jiplak desain
Jiplak Desain Pakaian, bisa Dipidana?
Merek Dihapus
Belajar dari kasus IKEA: Merek Terdaftar Juga Bisa Dihapus, Lho!
Merek Dagang
Bagi Pelaku Usaha, Penting Gak Sih Daftarkan Merek Dagang?
Merek Keluarga
Awas! Pahami Konsekuensi Membangun Merek Keluarga jika Tak Mau Kena Hal Ini
akuisisi merek
Tips Cepat Punya Merek Terkenal, Lakukan Akuisisi Merek!

LEGAL STORY

Lupa ngurus ijin BPOM, Nginep 7 bulan di penjara
Lupa Ngurus Ijin BPOM, Nginep 7 Bulan di Penjara
oyo
Ramai OYO bikin rugi: Salah Satunya Soal Perjanjian Kerjasama Dengan Mitra
Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
Legal Story: Karena Nama Merek, Aku Dijerat Pidana
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
legalitas bisnis ms glow
Kisah Sukses MS Glow, Rela Jual Aset 1 M Penuhi Kebutuhan dan Legalitas Bisnis

VIDEO ARTIKEL