9 Keuntungan Pendirian PT Di Kota Medan, Bisnis Siap Berkembang!

Smartlegal.id -
pendirian pt di medan

“Pendirian PT di Kota Medan dapat menjadi langkah yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Karena berbagai keuntungan dari pendirian PT di Medan” 

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kota Medan berada pada peringkat 10 sebagai kota tujuan investasi penanaman modal asing (PMA) dengan nilai $861,3 juta dan peringkat 8 sebagai kota tujuan investasi penanaman modal dalam negeri (PMDA) dengan nilai $13,3 Miliar

Bahkan Bahlil Lahadalia pernah mengatakan, Kota Medan berpotensi menjadi salah satu kota yang ramah investasi. Karena menurutnya kota Medan memiliki beberapa infrastruktur yang mendukung.

Seperti jalur tol penghubung dengan jalur yang lain, sehingga menjadi hub untuk kereta, hotel dan restoran dan memiliki pelabuhan Belawan. Pelabuhan ini pernah melayani ekspor sawit atau CPO dengan nilai yang besar. 

Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), berikut langkah upaya yang dilakukan pemerintah kota medan untuk mewujudkan kota Medan ramah investasi:

  1. Melakukan akselerasi dan pemetaan kendala yang ada guna memberikan kemudahan investasi di kota Medan.
  2. Mengimplementasikan regulasi terkait dengan penanaman modal dan perizinan melalui Sistem Single Submission (OSS) berbasis risiko
  3. Mengimplementasikan kebijakan perubahan izin mendirikan bangunan (IMB) menjadi persetujuan bangunan gedung (PBG).

Perlu diketahui juga, perizinan merupakan hal yang penting untuk kita bisa menggerakkan sektor perekonomian. Artinya tanpa ada legalisasi tentunya dunia usaha maupun masyarakat ingin berinvestasi dan membangun akan menjadi kendala.

Pemerintah kota Medan juga membangun sistem informasi yang terpadu sehingga data perizinan bisa digunakan untuk beberapa perizinan yang lain. Sehingga beberapa berkas persyaratan perizinan tidak bolak-balik diminta. 

Apabila Anda berkeinginan untuk menjalankan usaha di kota Medan yang memiliki potensi investasi yang cukup tinggi tersebut, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera mewujudkannya. 

Baca juga: Syarat dan Prosedur Pendirian PT

Namun, perlu diketahui terdapat beberapa pertimbangan investor sebelum menanamkan investasinya ke usaha Anda, salah satu pertimbangannya adalah bentuk badan usaha Anda.

Bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT) bisa menjadi pilihan bagi usaha Anda karena investor banyak yang memilih berinvestasi ke bisnis jika berbentuk PT.

Keuntungan pendirian PT di Medan diantaranya:

Pemegang saham tidak bertanggung jawab secara pribadi

Dalam hal ini, pemegang saham tidak bertanggung jawab melebihi jumlah saham yang dimilikinya atas suatu hal dan kerugian yang disebabkan oleh PT itu sendiri (Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT)).

Bebas menentukan jangka waktu pendirian

Pendiri perusahaan dapat menentukan sendiri jangka waktu pendirian perusahaan, baik selama jangka waktu terbatas, maupun tidak terbatas. Hal ini harus dituangkan dalam anggaran dasar (Pasal 6 UUPT).

PT dapat didirikan oleh perseorangan

Nah, sejak berlakunya  Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja), perseorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil dapat mendirikan PT (Pasal 109 angka 1 UU Cipta Kerja). 

Tentunya, pendirian PT ini harus memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil, diantaranya:

  • Kriteria modal usaha adalah sebagai berikut:
  1. Usaha Mikro      : Maksimal Rp1 Milyar.
  2. Usaha Kecil        : Lebih dari Rp1 Milyar – Rp5 Milyar.
  3. Usaha Menengah   : Lebih dari Rp5 Milyar – Rp10 Milyar.

Semuanya tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

  • Kriteria hasil penjualan tahunan terdiri atas:
  1. Usaha Mikro      : Maksimal Rp2 Milyar.
  2. Usaha Kecil       : Lebih dari Rp2 Milyar – Rp15 Milyar.
  3. Usaha Menengah   : Lebih dari Rp15 Milyar – Rp50 Milyar.

Baca juga: Ingin Mendirikan UMK? Ketahui Dulu Ketentuan Perizinannya!

Harta perusahaan terpisah dari harta pemiliknya

PT merupakan badan hukum yang terdiri atas persekutuan modal, yang melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi dalam saham (Pasal 109 angka 1 UU Cipta Kerja). Karena berdiri atas persekutuan modal, maka modal yang dimiliki oleh  PT ini terpisah dari harta pribadi pemilik dan pemegang saham.

Pengalihan kepemilikan saham mudah dilakukan

Dalam pendiriannya, modal dasar PT terbagi dalam bentuk saham (Pasal 31 ayat (1) UUPT). Hal ini memudahkan pemilik saham jika nantinya ia ingin mengalihkan sahamnya kepada pihak lain. Tentunya, pengalihan saham ini wajib memperhatikan aturan dalam UUPT dan juga ketentuan dalam anggaran dasar.

Mudah mendapat pendanaan

Apabila perusahaan membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan usahanya, maka perusahaan berbentuk PT akan lebih mudah untuk menarik investor maupun bank, karena perusahaan berbentuk PT merupakan suatu entitas yang berdiri sendiri, terpisah dengan para pemiliknya. Juga, pendanaan dapat diperoleh PT dengan cara menerbitkan saham baru untuk dijual kepada investor. Klik disini untuk mendirikan PT Anda.

Memiliki kebebasan menjalankan bisnis dan mengembangkan usaha

Beragam sektor usaha yang dapat diduduki oleh PT membuatnya memiliki kebebasan dalam menjalankan usaha dan mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan cara membuka kantor cabang.

Dilindungi secara hukum

Untuk dapat mendirikan suatu PT, dibutuhkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM (Pasal 9 ayat (1) UUPT). Selain itu, PT juga harus mengurus perizinan berusaha sesuai dengan sektor usaha yang dijalankannya. Hal ini dapat membuatnya memiliki legalitas yang jelas.

Memiliki kredibilitas dan profesionalitas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk dapat mendirikan suatu PT dibutuhkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini menunjukkan bahwa badan hukum PT memiliki kredibilitas tinggi.

Selain itu, struktur kepengurusan yang jelas dan tertata seperti adanya direksi, dewan komisaris, dan pemegang saham membuat PT dapat menjalankan usahanya berlandaskan profesionalitas.

Tertarik mendirikan PT untuk bisnis Anda di Medan yang gak pake ribet? Kami bisa bantu Anda mendirikan PT yang gak pake ribet. Hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini.

Authour: Muhammad Aliefuddin Sayyaf

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

PENDIRIAN BADAN USAHA

Klausula Blokkering
Sebelum Mendirikan PT, Kenali Dulu Apa Itu Klausula Blokkering!
Debitur Gagal Melunasi PKPU
Debitur Gagal Melunasi PKPU? Ini Akibatnya!
Permendag 502020
Kini Semua Toko Online Wajib Terdaftar dan Mengantongi Izin Khusus Dengan Adanya Permendag 50/2020
Tag-Along-dan-Drag-Along-sebagai-Hak-Pemegang-Saham
Tag Along dan Drag Along sebagai Hak Pemegang Saham
kontrak perusahaan
Bagaimana Jika Kontrak Perusahaan Ditandatangani Oleh Pihak Tak Berwenang?

PENDAFTARAN MERK

persamaan merek
Ini Tips Menghindari Persamaan Pada Pokoknya Saat Daftar Merek
pihak menghapus merek
Hati-Hati! Tiga Pihak Ini Bisa Menghapus Pendaftaran Merek Anda
Mending Daftar Merek Atas Nama Pribadi atau PT
Mending Daftar Merek Atas Nama Pribadi atau PT Ya?
pajar
Ini Syarat dan Prosedur Pendaftaran Merek Bagi PT
Produk kecantikan
Punya Bisnis Produk Kecantikan? Pahami Nomor Kelas Mereknya!

LEGAL STORY

HATI-HATI! Restoran Tanpa TDUP Bisa Disegel
HATI-HATI! Restoran Tanpa TDUP Bisa Disegel
Brand yang Aku Bangun Ketikung Rivalku
Legal Story: Brand yang Aku Bangun Ketikung Rivalku
Reseller Kosmetik
Kisah Reseller Produk Kosmetik Mencari Untung Malah Buntung
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
HATI-HATI! Produsen dan Penjual Kosmetik Tanpa Izin Edar Bisa Dipenjara
legalitas bisnis ms glow
Kisah Sukses MS Glow, Rela Jual Aset 1 M Penuhi Kebutuhan dan Legalitas Bisnis

VIDEO ARTIKEL