KBLI Yang Cocok Buat PT Perorangan Apa Saja?

Smartlegal.id -
kbli pt perorangan

“KBLI yang cocok untuk PT Perorangan haruslah yang bisa dilakukan oleh usaha mikro dan kecil perlu dicek lebih teliti ketika memilih KBLI untuk PT Perorangan”

PT Perorangan saat ini banyak diminati oleh para pelaku usaha. Hal ini disebabkan karena banyaknya pilihan usaha yang dapat dikembangkan melalui PT Perorangan ini. 

Pada saat ini sendiri, terdapat beberapa bentuk bisnis usaha yang sering dibuat dalam bentuk PT Perorangan. Jika dilihat dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia atau KBLI, maka sejatinya terdapat beberapa KBLI pilihan yang menarik bagi bisnis PT Perorangan.

Baca juga: Prosedur, Syarat, & Biaya Pendirian PT Perorangan 2023

Sebagai informasi, KBLI merupakan suatu sistem kode yang digunakan untuk mengklasifikasikan berbagai jenis usaha atau industri di Indonesia berdasarkan sektor dan jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan. Lantas, simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui KBLI yang banyak dipilih pelaku usaha PT Perorangan!

KBLI 56102: Rumah/Warung Makan

KBLI ini dapat digunakan bagi kelompok usaha yang mencakup jenis usaha penyediaan makanan dan minuman untuk dikonsumsi di tempat usahanya yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan tetap (tidak berpindah-pindah), yang menyajikan makanan dan minuman di tempat usahanya. 

Contoh dari usaha dengan KBLI ini yakni seperti halnya Warteg, Rumah Makan Padang, Kedai Nasi Goreng dan rumah/warung makan lainnya.

KBLI 47192: Perdagangan Eceran 

KBLI ini dapat digunakan bagi usaha perdagangan eceran berbagai jenis barang yang utamanya bukan makanan, minuman atau tembakau bukan toserba/department store. Pada umumnya barang-barang yang diperdagangkan antara lain pakaian, perabot rumah tangga, perhiasan, mainan anak-anak dan kosmetik, yang terintegrasi di bawah satu pengelolaan. 

Contoh dari usaha dengan KBLI ini yakni seperti halnya toko kelontong, toko madura, atau warung dagang.

KBLI 47711: Perdagangan Eceran Pakaian

KBLI ini dapat digunakan bagi usaha perdagangan eceran khusus pakaian, baik terbuat dari tekstil, kulit, maupun kulit buatan, seperti kemeja, celana, jas, mantel, jaket, piyama, kebaya, blus, rok, daster, singlet, kutang/BH, gaun, rok dalam, baju bayi, pakaian tari, pakaian adat, mukena dan jubah.

Contoh dari usaha dengan KBLI ini yakni seperti halnya toko baju gamis, toko batik, toko kemeja, atau toko pakaian lainnya.

PT Perorangan Pilihan yang Tepat Bagi UMK?

Sebagai informasi, PT Perorangan hanya bisa didirikan untuk usaha yang memenuhi kriteria mikro dan kecil. Bisa dibilang PT Perorangan ini sangat membantu untuk para pelaku mikro dan kecil mengembangkan bisnisnya. 

Baca juga: Tips Bisnis Pemula: 4 Keuntungan PT Perorangan Daripada PT Biasa

Apalagi manfaat PT Perorangan adanya pertanggungjawaban terbatas. Menurut Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU PT), pemegang saham dalam sebuah PT hanya memiliki tanggung jawab terbatas sejauh saham yang telah disetor kepada perusahaan. Oleh karena itu, dampak kerugian yang dialami oleh perusahaan tidak akan secara langsung mempengaruhi aset pribadi para pemegang saham. 

Situasinya berbeda dalam kasus CV atau firma, di mana pihak yang menyuntikkan modal bisa bertanggung jawab atas kerugian perusahaan sampai berdampak pada aset pribadinya. Dengan demikian, struktur PT dapat dianggap memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan tertentu bagi para investor yang menanamkan modal sebagai pemegang saham.

Bikin PT Perorangan masih gak tau caranya? Coba minta bantuan aja ke konsultan yang udah pengalaman! Hubungin konsultan Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini. 

Author: Adhityo Adyahardiyanto

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY