Mau Jadi Official Store Tokopedia? Wajib Urus Legalitasnya!

Smartlegal.id -
Official Store Tokopedia

“Sebelum mendaftarkan toko Anda sebagai Official Store di Tokopedia, pastikan untuk mengetahui dan melengkapi terlebih dahulu legalitas usahanya.”

Official Store adalah sebuah layanan yang ditujukan kepada penjual terpilih di platform marketplace, seperti Tokopedia. Layanan ini bertujuan untuk membantu penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik. 

Ketika sebuah toko menjadi Official Store di Tokopedia, hal ini dapat dikenali melalui tanda khusus berupa ikon berwarna ungu dengan centang kuning yang terletak di tengahnya.

Dengan melihat tanda-tanda tersebut, pembeli dapat dengan mudah mengenali apakah penjual di Tokopedia tersebut adalah Official Store yang menjual produk asli dari merek tertentu atau tidak.

Baca juga:Marketplace Ditinggalkan, Seller Bikin Website Sendiri

Ada beberapa keuntungan lainnya ketika menjadi Official Store di Tokopedia, selain meningkatkan kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut:

  1. Aktivasi Bebas Ongkir Tokopedia
    Dengan menjadi Official Store, Anda dapat memberikan keuntungan kepada pelanggan dengan menyediakan layanan pengiriman gratis melalui program bebas ongkir Tokopedia.
  2. Diskon Tokopedia
    Anda dapat memberikan diskon khusus kepada pelanggan, mirip dengan program Pro Merchant di Tokopedia.
  3. Prioritas Tokopedia
    Sebagai Official Store, toko Anda akan menjadi prioritas bagi layanan pelanggan Tokopedia Care. Anda juga akan mendapatkan dukungan dari Relationship Manager dan akses ke fitur-fitur terbaru yang dipersembahkan oleh Tokopedia.
  4. Dukungan Promosi dan Pemasaran
    Tokopedia akan memberikan dukungan dalam hal promosi dan pemasaran, termasuk optimasi SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan GDN (Google Display Network).
  5. Flash Sale Toko
    Anda dapat dengan mudah membuat Flash Sale untuk toko Anda, menawarkan penawaran khusus kepada pelanggan dalam periode waktu terbatas.
  6. Broadcast Chat
    Anda dapat mengirim pesan broadcast hingga 1.500 orang sekaligus, mempermudah komunikasi dengan pelanggan potensial.

Syarat & Dokumen Legalitas Menjadi Official Store Tokopedia

Guna memperoleh manfaat sebagai Official Store di Tokopedia, diperlukan langkah-langkah untuk memastikan toko Anda dapat dipercaya oleh pembeli. Salah satu langkah tersebut adalah melengkapi dokumen-dokumen usaha yang diperlukan sebagai syarat untuk menjadi Official Store.

Dalam pendaftaran sebagai Official Store, Anda perlu memilih jenis usaha yang sesuai dengan bisnis Anda. Terdapat dua jenis usaha yang dapat dipilih, yaitu Badan Usaha atau Usaha Perseorangan. 

Pilihan jenis usaha ini akan mempengaruhi dokumen-dokumen legal yang diperlukan sebagai dasar untuk legalitas usaha Anda. Untuk itu, mari kita simak dokumen-dokumen yang diperlukan masing-masing jenis usaha untuk menjadi Official store Tokopedia.

Badan Usaha

Jika bisnis Anda telah memperoleh izin usaha, terdaftar di Kementerian Perdagangan, dan melibatkan karyawan dalam operasionalnya, maka bisnis Anda termasuk dalam kategori Badan Usaha. 

Baca juga: Syarat, Prosedur, & Biaya Pendirian PT 2023

Sebagai Badan Usaha, persyaratan legalitas yang harus dipenuhi lebih kompleks dibandingkan dengan usaha perseorangan. Beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengurus legalitas menjadi Official Store sebagai Badan Usaha antara lain:

  1. KTP
  2. NPWP Perusahaan.
  3. Akta Perusahaan.
  4. NIB (Nomor Induk Berusaha) yang telah terdaftar.
  5. Surat Izin Edar Kementerian Kesehatan RI (Bisnis tertentu).
  6. Sertifikat BPOM (Bisnis tertentu).
  7. Sertifikat SNI (Bisnis tertentu)
  8. Sertifikat merek
  9. Surat Penunjukan Distributor Resmi.

Usaha Perorangan

Jika bisnis Anda dijalankan oleh tim kecil namun telah mencapai penjualan yang baik baik secara online maupun offline,  Maka usaha anda dapat dikategorikan sebagai Usaha Perorangan. Berbeda dengan badan usaha, usaha perorangan memiliki persyaratan yang lebih simple diantaranya:

  1. KTP Pemilik
  2. NPWP Pemilik
  3. NIB Perorangan
  4. Akta Pendirian Perusahaan dan Tap Menkumham.
  5. HKI (Hak Kekayaan Intelektual) atas merek produk dagangan.
  6. BPOM, SNI dan Izin Kemenkes untuk sebagian produk yang membutuhkan izin khusus.
  7. Surat Resmi Distributor,

Setelah itu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, maka Anda dapat mendaftarkan toko anda pada laman www.tokopedia.com/myshop. Kemudian, Tokopedia akan melakukan proses peninjauan pendaftaran Anda dalam empat tahap berikut:

  1. Verifikasi data administrasi
  2. Evaluasi kinerja toko
  3. Tindak lanjut terhadap pengajuan
  4. Tinjauan akhir dokumen legalitas

Setelah toko Anda melewati proses verifikasi oleh Tokopedia, status Official Store Anda akan secara otomatis menjadi aktif. Anda dapat segera memanfaatkan berbagai fitur eksklusif Official Store yang akan membantu meningkatkan kinerja toko Anda.

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mengajukan permohonan legalitas usaha Anda, kami dapat membantu. Silakan hubungi Smartlegal.id melalui tombol di bawah ini untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Author: Ruth Rotua Agustina

Editor: Dwiki Julio

Seberapa membantu artikel ini menurut Anda?

TERBARU

PALING POPULER

KATEGORI ARTIKEL

PENDIRIAN BADAN USAHA

PENDAFTARAN MERK

LEGAL STORY